Kalbar Sepekan: Wabup Sintang Wafat; Penyelundupan Land Cruiser Digagalkan

Konten Media Partner
20 September 2021 9:59
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wakil Bupati Sintang, Yosep Sudiyanto. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Wakil Bupati Sintang, Yosep Sudiyanto. Foto: Dok. Istimewa
Hi!Pontianak - Berbagai peristiwa terjadi selama sepekan terakhir di Kalimantan Barat. Peristiwa itu mulai dari Wakil Bupati Sintang wafat hingga TNI AD dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Toyota Land Cruiser dari Malaysia.
Berikut Kalbar Sepekan yang dihimpun tim Hi!Pontianak:
1. Kabar Duka: Wakil Bupati Sintang Sudiyanto Wafat
Kabar duka datang dari Kabupaten Sintang, Kalbar. Wakil Bupati Sintang, Yosep Sudiyanto, dikabarkan meninggal dunia.
Dari informasi yang beredar di grup WhatsApp, Yosep Sudiyanto meninggal di RSCM Jakarta, pukul 11.00 WIB, Sabtu, 18 September 2021.
2. Potret Terakhir Bupati Menjenguk Wabup Sintang Sebelum Wafat
Sebelum Wabup Sintang Sudiyanto meninggal dunia pada hari ini, Sabtu, 18 September 2021, Bupati Sintang, Jarot Winarno, sempat menjenguk Sudiyanto di Langkau Kita Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Minggu malam, 29 Agustus 2021.
Potret terakhir pertemuan keduanya, diabadikan oleh Anwar, Staf Prokopim Sintang. Meski saat itu Bupati Sintang Jarot Winarno belum sepenuhnya sembuh karena masih rawat jalan, dia tetap menyempatkan untuk menjenguk.
3. TNI AD dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Toyota Land Cruiser dari Malaysia
Anggota Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia, bersama petugas Bea Cukai Kalbagbar, mengamankan satu unit mobil Toyota Land Cruiser, pada Sabtu 11 September 2021, sekitar pukul 22.00 WIB, di daerah Segorong, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang.
Mobil dengan plat nomor Malaysia SA 1838 N yang masuk kategori mobil mewah tersebut, diduga akan diselundupkan ke Indonesia, lewat jalur tikus di perbatasan Kalbar-Malaysia.
4. Penyu Terbesar di Dunia Kembali ke Pantai Paloh untuk Bertelur
Seekor penyu belimbing yang merupakan jenis penyu terbesar di dunia mendarat di bibir Pantai Peneluran Penyu, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalbar, tepatnya di sektor empat Sungai Belacan. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.45, Rabu, 15 September 2021.
Penyu raksasa dengan ciri khas karapasnya yang berbentuk juring-juring seperti buah belimbing itu ditemukan tengah menggali lubang untuk bertelur. Aktivitas penyu tersebut pun diketahui oleh enumerator Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan para mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL) dari program studi Ilmu Kelautan Universitas Tanjungpura yang sedang melakukan monitoring dan pendataan penyu.
5. Tim Jibom Amankan Benda Mencurigakan dari Kantor Pelayanan Pajak Singkawang
Tim Penjinak Bom Kompi Brimob Singkawang mengamankan sebuah benda mencurigakan di dalam sebuah tas, Jumat, 17 September 2021. Benda yang terbungkus kotak dan diikat dengan lakban tersebut, diamankan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Singkawang, Jalan Gusti Sulung Lelanang.
Dari informasi yang dihimpun tim Hi!Pontianak, sekitar pukul 16.00 WIB, salah seorang pekerja di kantor KPP Pratama Singkawang tersebut menemukan sebuah tas di deretan kursi pengunjung.
Saat diperiksa, di dalam tas tersebut ada kotak yang diikat dengan lakban. Karena khawatir dengan benda mencurigan tersebut, pihak KPP Pratama Singkawang, kemudian menghubungi polisi.