kumparan
30 Sep 2019 17:09 WIB

Kisah Vivi, Perantau Asal Sumatera 'Hidupi' Keluarga di Pontianak

Bu Vivi perantau asal Sumatera yang bekerja sebagai pedagang asongan di pasar Kapuas Pontianak. Foto: Resi Jesita/Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Mengenal lebih dekat sosok seorang ibu yang bekerja sebagai pedagang asongan di wilayah Pasar Kapuas, Pontianak. Beliau adalah Vivi Budiarti, perantau asal Pulau Sumatera yang sejak tahun 2016 memilih menyambung hidup di Pulau Kalimantan.
Bu Vivi jadi tulang punggung keluarga menghidupi keempat anaknya di Pontianak. Foto: Resi Jesita/Hi!Pontianak
Bersama keempat anaknya yang masih mengenyam bangku pendidikan, Bu Vivi adalah ibu sekaligus ayah bagi anak-anaknya.
ADVERTISEMENT
"Anak saya empat. Abang, 2018 kemarin sudah lulus SMA, sekarang kerja di percetakan. Tiga orang lainnya masih SD, SMP, dan SMA. Alhamdulillah semuanya punya semangat yang tinggi untuk sekolah", tuturnya.
Beliau sekeluarga mengontrak di daerah Parwasal, Siantan. Setiap harinya Bu Vivi menggunakan jasa pelampung penyembrangan, lalu kemudian menitipkan kendaraannya di Pasar dan dilanjutkan dengan berjalan kaki mengitari pasar. Menjajakan tissue, jajanan kacang goreng, makaroni dan permen dari lorong pasar satu ke lorong berikutnya.
Bu Vivi berjalan kaki menjajakkan dagangannya mengitari tiap lorong pasar Kapuas Pontianak. Foto: Resi Jesita/Hi!Pontianak
Bu Vivi melakoni pekerjaan ini setiap hari, dari pukul 7 pagi hingga pukul 8 malam. "Jam 3 subuh lanjut goreng kacang, makaroni, buat dijual paginya, begitu seterusnya," ujarnya.
Beratnya hidup tak tergambarkan di raut wajah Bu Vivi yang hangat. Berkali-kali beliau menekankan bahwa kebahagiaannya sebagai seorang ibu adalah ketika anak-anaknya mendapat kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya. Seperti mendaftarkan anaknya untuk ikut bimbingan belajar dan mengaji, hingga kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
"Saat ini adek lagi suka sukanya main bola. Kalau kakak saya daftarkan ke tempat karate sesuai keinginannya," jelas Bu Vivi.
Semangat Bu Vivi untuk mencukupi kebutuhan dan membahagiakan anak-anaknya. Foto: Resi Jesita/Hi!Pontianak
Baginya, bekerja banting tulang untuk kebahagiaan anak adalah kewajiban mulia bagi setiap orang tua. Bu Vivi mengajarkan tentang ketulusan lewat keringatnya demi kebahagiaan sang anak.
"Tiap-tiap anak pasti membawa rejeki masing-masing, sebagai seorang ibu, tugas saya adalah usaha dan doa yang banyak," tutupnya. (hp4)
Bu Vivi sosok wanita tangguh dan orang tua yang hebat bagi keluarganya. Foto: Resi Jesita/Hi!Pontianak
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan