Pria di Pontianak Sulap Kapal Barang Jadi Kapal Wisata untuk Susur Sungai Kapuas

Konten Media Partner
15 Maret 2023 9:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kapal Wisata KM Tepian Kapuas. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Kapal Wisata KM Tepian Kapuas. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Melihat potensi Sungai Kapuas menjadi destinasi favorit banyak orang membuat Ridwan tertarik untuk berinvestasi menghadirkan sarana transportasi kapal wisata susur Sungai Kapuas. Kapal bernama KM Tepian Kapuas itu pun baru saja diresmikan pada Selasa sore, 14 Maret 2023.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Kapal Wisata KM Tepian Senghie tentunya akan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Pontianak. Sebab kapal yang terbuat dari kayu jenis ulin atau belian itu menjadi transportasi untuk menyusuri keindahan sungai terpanjang di Indonesia.
Kapal tersebut terdiri dari dua lantai, sehingga penumpang kapal akan disuguhkan dengan pemandangan dan kehidupan masyarakat tepian sungai ketika hendak menaiki kapal ini, terutama pada sore hari.
Ridwan, Owner KM Tepian Senghie menceritakan awal mula dirinya memulai usaha jasa kapal wisata ini, karena kecintaannya akan Pelabuhan Senghie sebagai tempat semasa kecilnya bermukim di sekitar pelabuhan itu hingga sekarang.
"sejak kecil saya tinggal dekat disini sampai sekarang. Main di sekitar Pelabuhan Senghei, maka nya saya tertarik mau berinvestasi membuka usaha kapal wisata ini,"
ADVERTISEMENT
KM Tepian Senghie tersebut terbuat dari kayu ulin dengan kapasitas muat hingga 150 orang. Ridwan katakan kapal ini semula merupakan kapal barang, tetapi direstorasi menjadi kapal wisata.
"Ini awalnya kapal barang yang kita rekonstruksi jadikan untuk kapal wisata. Kita desain dengan kekinian agar menarik minat wisatawan. Kapal ini di dalamnya menyediakan makanan. Selain itu, kapal ini dilengkapi peralatan keselamatan,” ujarnya.
KM Tepian Kapuas susuri sungai kapuas. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
Sejak diresmikan kapal ini akan beroperasional setiap hari di Pelabuhan Senghei dengan tarif Rp 15 ribu di hari Senin-Sabtu, Rp 20 ribu di hari Minggu juga free karoke untuk penumpang yang ingin bernyanyi sambil menyusuri Sungai Kapuas.
"Kami berharap adanya kapal wisata ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Pontianak, khususnya destinasi wisata sungai yang menjadi andalan kita," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Pada momen peresmian itu turut dihadiri oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Ia menyampaikan apresiasinya kepada pemilik Kapal Wisata Tepian Senghie, Ridwan, yang telah berinvestasi untuk menghadirkan sarana transportasi wisata susur sungai Kapuas.
Ia berharap hadirnya kapal wisata Tepian Senghie ini akan menjadi salah satu sarana masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Pontianak untuk menikmati pemandangan dan suasana sepanjang Sungai Kapuas. Ia juga menekankan pentingnya mengutamakan keselamatan penumpang dengan menyediakan peralatan safety.
"Saya lihat kapal ini sudah dilengkapi dengan peralatan safety sesuai SOP keselamatan angkutan air, ada life jacket dan pelampung karet serta peralatan lainnya," ungkapnya.
Wali Kota Pontianak meresmikan Kapal Wisata KM Tepian Kapuas yang didampingi Ridwan selaku Investor atau Owner kapal. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
Edi juga mengajak para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha di bidang pariwisata. Banyak potensi wisata di Pontianak yang bisa menjadi daya tarik para wisatawan khususnya dari luar Provinsi Kalbar. Misalnya, destinasi penangkaran ikan arwana yang banyak dibudidayakan di tepian Sungai Kapuas.
ADVERTISEMENT
"Saya yakin destinasi seperti itu akan menarik bagi wisatawan-wisatawan luar, mereka bisa melihat langsung bagaimana budidaya ikan arwana," imbuhnya.