Cara Cek Garansi Samsung SEIN

Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 19:32
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Cek Garansi Samsung SEIN (49048)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi HP Samsung. Foto: Unsplash
Ada beberapa cara cek garansi Samsung SEIN untuk semua tipe yang akan How To Tekno bagikan di artikel ini, yaitu lewat perangkat Samsung kamu dari website IMEI dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Pengecekan garansi pada ponsel Samsung sangat penting, terutama pada ponsel yang umurnya belum sampai satu tahun. Hal ini bisa mengurangi biaya servis jika ponsel kamu terjadi masalah.
Samsung merupakan merek dari produk smartphone dan alat elektronik lainnya asal Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, Samsung cukup banyak digemari karena memberikan fitur dan spesifikasi yang sangat baik, sudah tidak perlu diragukan lagi.
Sayangnya, sama halnya dengan produk elektronik, beberapa pengguna mengeluhkan adanya kerusakan pada perangkat Samsung mereka meskipun penggunaannya belum lama.
Dengan begitu, kehadiran garansi cukup membantu untuk mengurangi biaya perbaikan.
Bagi kamu yang membutuhkan garansi Samsung dan lupa kapan berakhirnya, bisa lihat artikel ini untuk tutorial cara cek garansi Samsung SEIN dengan mudah.
ADVERTISEMENT

Cara Cek Garansi Samsung SEIN atau Inter

Mengutip laman resmi Samsung, garansi untuk perangkat smartphone milih Samsung adalah 12 bulan atau satu tahun dari pembelian produk.
Garansi Samsung ini bisa dipakai untuk pergantian suku cadang asli dan perbaikan di Pusat Service Center Samsung. Untuk mempermudah proses klaim garansi Samsung, kamu diwajibkan untuk membawa bukti pembelian dan kartu garansi.
Nah, sekarang mari simak tutorial cara cek garansi SEIN HP Samsung lewat beberapa metode di bawah ini:

1. Cek Garansi dengan Memasukkan Kode UMB

Cara Cek Garansi Samsung SEIN (49049)
zoom-in-whitePerbesar
Samsung Galaxy S20 FE. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Cara paling mudah untuk cek garansi Samsung SEIN adalah memasukkan kode UMB. Kamu akan melihat kapan HP pertama kali diaktifkan dan masa garansinya terhitung satu tahun dari tanggal yang muncul. Berikut adalah cara cek Samsung garansi SEIN atau bukan:
ADVERTISEMENT
  1. Buka fitur panggilan di ponsel.
  2. Masukkan kode nomor *#12580*369#.
  3. Informasi mengenai handphone Samsung akan muncul. Kamu bisa melihat tanggal pembelian di bagian ‘RF Cal’, contohnya 20210428. Artinya, tanggal pembelian adalah 28 April 2021.

2. Cek Garansi di Website IMEI

Cara selanjutnya adalah dengan membuka website imei.info dan memasukkan nomor IMEI ponsel kamu. Simak cara cek IMEI Samsung garansi SEIN:
  1. Pertama, kamu harus menyiapkan nomor IMEI smartphone kamu yang bisa dicek dengan memasukkan kode dial *06# atau lewat menu 'About Phone' di pengaturan HP. Selain itu, kamu juga bisa melihat IMEI ponsel di kardus HP.
  2. Selanjutnya, buka website www.imei.info lewat browser dan masukkan nomor IMEI ponsel Samsung kamu di kolom yang tersedia. Lalu, klik tombol 'Check'.
Cara Cek Garansi Samsung SEIN (49050)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara cek garansi Samsung. Foto: Umar Tusin/Kumparan
  1. Selanjutnya, kamu bisa melihat beberapa informasi mengenai perangkat Samsung. Pilih 'Samsung Garansi / SN / Carrier Check' untuk melihat informasi mengenai garansi Samsung.
Cara Cek Garansi Samsung SEIN (49051)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara cek garansi Samsung. Foto: Imei Info

3. Lihat di Bagian Kartu Garansi

Salah satu syarat untuk mengajukan garansi Samsung SEIN adalah dengan membawa kartu garansi dan nota pembelian. Sehingga, salah satu cara cek garansi Samsung SEIN adalah dengan melihat kartu garansi yang ada di box perangkat Samsung.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kamu juga bisa mencari nota pembelian dan lihat tanggal yang tertera. Garansi Samsung, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berlaku selama 1 tahun setelah pembelian.

4. Menghubungi Customer Service Samsung

Cara terakhir adalah menghubungi customer service Samsung di bawah ini. Sampaikan keluhanmu dan pihak Samsung akan memberikan bantuan.
  • WhatsApp Chat: api.whatsapp.com/send?phone=628170215588
  • Telepon: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888
  • Facebook: @SamsungIndonesia
  • Twitter: @SamsungID
  • Instagram: @samsung_id
Itulah beberapa cara cek garansi Samsung SEIN yang bisa kamu lakukan. Pastikan masa garansimu masih aktif untuk mengajukan klaim garansi karena adanya kerusakan pada perangkat.
(NSF)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020