Cara Disable Driver Signature Windows 10

Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 18:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Driver Signature Windows 10. Foto: Microsoft
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Driver Signature Windows 10. Foto: Microsoft
ADVERTISEMENT
Windows memiliki banyak fitur untuk melindungi keamanan perangkat dari berbagai ancaman virus maupun hacks yang bisa terjadi. Salah satu upaya pengamanan yang disediakan Windows dalam melindungi user adalah fitur pengaturan Driver Signature.
ADVERTISEMENT
Driver signature sendiri merupakan fitur keamanan yang bertugas mengatur suatu instalasi software perangkat di komputer. Masih banyak user yang belum mengetahui cara menonaktifkan fitur ini, termasuk user Windows 10.
Maka dari itu, simak ulasan berikut untuk memahami apa itu Driver Signature dan bagaimana cara mematikan fiturnya.

Driver Signature Windows 10

Ilustrasi Driver Signature Windows 10. Foto: Microsoft
Dikutip dari laman FolderTips, Driver Signature Enforcement merupakan fitur keamanan yang tidak mengizinkan proses instalasi driver tanpa digital signature. Proses disable driver signature umumnya dilakukan ketika user ingin flashing smartphone menggunakan perangkat komputer Windows.
Software tepercaya seharusnya memiliki driver yang telah di-signed. Namun, ada banyak driver yang dikeluarkan sebelum fitur Driver Signature Enforcement diterapkan di Windows 7 sehingga banyak driver yang terblokir otomatis. Ini juga berlaku di Windows 7 ke atas, seperti Windows 8, 10, dan 11.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, proses disable Driver Signature Enforcement cukup penting dilakukan. Simak ulasan di bawah untuk mengetahui caranya.

Cara Disable Driver Signature Windows 10

Menurut laman windowsreport, menonaktifkan Driver Signature dilakukan apabila user ingin menginstal driver yang tidak signed. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkannya, yaitu secara sementara maupun secara permanen.
Berikut ini adalah cara disable Driver Signature Windows 10 untuk kamu yang masih kebingungan.

1. Cara Disable Driver Signature Windows 10 untuk Sementara

Cara disable Driver Signature Windows 10. Foto: pureinfotech.com
Cara disable Driver Signature Windows 10 secara sementara bisa dilakukan melalui menu Trobleshoot. Adapun langkahnya meliputi:
ADVERTISEMENT

2. Cara Disable Driver Signature Windows 10 secara Permanen

Cara disable Driver Signature Windows 10. Foto: windowsreport.com
Cara yang sudah dijelaskan sebelumnya merupakan cara disable Driver Signature Windows untuk sementara. Selanjutnya, kamu perlu memahami cara mematikan Driver Signature dengan permanen. Dikutip dari laman windowsreport, caranya mencakup:
Dengan begitu, Driver Signature akan nonakitif. Apabila kamu ingin menyalakan Driver Signature kembali, buka Command Prompt dan masukkan perintah berikut:
Klik enter, lalu Driver Signature berhasil nyala kembali. Laptop atau komputer kamu akan menyeleksi driver yang terinstal di perangkat tersebut.
ADVERTISEMENT
(SLT)