Mengenal System Service Exception Windows 10 dan Cara Memperbaikinya

Konten dari Pengguna
13 Februari 2024 14:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Windows 10. Foto: Windows
zoom-in-whitePerbesar
Windows 10. Foto: Windows
ADVERTISEMENT
Windows 10 merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Namun, seperti halnya dengan sistem operasi lainnya, user dapat mengalami berbagai masalah teknis, termasuk "System Service Exception" error.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara memperbaiki System Service Exception Windows 10? How to Tekno akan menjelaskan pengertian dan cara memperbaikinya.

Apa Itu System Service Exception?

System Service Exception. Foto: Windows Report
Dikutip dari laman Wondershare, Blue Screen System Service Exception pada Windows 10 merupakan salah satu system service error pada Windows yang menyebabkan layar komputer menjadi biru. Ketika komputer mengalami error semacam ini, perangkat akan di-restart, dan akan menghapus semua data yang belum tersimpan.
System Service Exception biasanya disebabkan oleh driver perangkat keras yang tidak kompatibel, program perangkat lunak yang konflik, atau masalah dengan update sistem. Masalah ini cukup umum terjadi pada sistem operasi Windows 10.
Meskipun mengganggu produktivitas, System Service Exception biasanya masih dapat diperbaiki dengan langkah-langkah yang tepat. Namun, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah tersebut bisa terjadi di perangkat yang kamu gunakan.
ADVERTISEMENT

Penyebab System Service Exception Error di Windows 10

Windows 10. Foto: PCMag
Ketika pengguna mengalami System Service Exception di Windows 10, user mungkin mengalami layar biru (blue screen of death/BSOD) dan dapat disertai dengan kode kesalahan tertentu. Tak hanya itu, pengguna Windows 10 juga mungkin mengalami penurunan kinerja sistem, kegagalan dalam menjalankan program, atau masalah lainnya yang mengganggu penggunaan komputer.
Beberapa penyebab umum dari System Service Exception error di Windows 10 adalah sebagai berikut:

Cara Memperbaiki System Service Exception di Windows 10

System Service Exception di Windows 10. Foto: Kumparan
Setelah memahami penyebabnya, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk memperbaiki maslaah System Service Exception di Windows 10, yaitu:
ADVERTISEMENT

1. Perbarui Hardware Driver

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki System Service Exception di Windows 10 adalah dengan menggunakan Device Manager. Kamu juga bisa memperbaharui driver hardware yang kamu gunakan dengan mengikuti langkah dari web resminya.

2. Uninstall Aplikasi Baru

Apabila masalah System Service Exception di Windows 10 terjadi setelah menginstal program baru, coba uninstall program tersebut dan lihat apakah masalahnya dapat terselesaikan.

3. Lakukan Pembaruan Sistem

Untuk memperbaiki System Service Exception di Windows 10, pastikan sistem operasi Windows 10 sudah diperbarui ke versi terbaru.

4. Lakukan Pemeriksaan atau Pemindaian Sistem

Cara keempat adalah dengan menggunakan alat pemindaian sistem seperti SFC (System File Checker) atau DISM (Deployment Image Servicing and Management) untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan pada sistem file.

5. Lakukan Pengujian Hardware

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki System Service Exception di Windows 10 adalah melalui pemeriksaan terhadao RAM atau hard drive menggunakan alat diagnostik hardware.
ADVERTISEMENT
(SLT)