Cara Mencari HP Huawei yang Hilang dengan Layanan Cloud

Konten dari Pengguna
6 Desember 2023 16:19 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mencari HP Huawei yang hilang. Foto: unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mencari HP Huawei yang hilang. Foto: unsplash.com.
ADVERTISEMENT
Cara mencari HP Huawei yang hilang dapat dilakukan melalui fitur Cloud Huawei. Ini merupakan salah satu layanan yang diberikan Huawei ke pengguna sebagai wadah penyimpanan dan transfer data.
ADVERTISEMENT
Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi pada seluruh perangkat dengan fitur Auto Sync. Lalu bagaimana cara mencari HP Huawei yang hilang dengan layanan cloud tersebut? Simak langkah-langkahnya pada ulasan berikut ini.

Sekilas tentang Fitur Huawei Cloud

Ilustrasi cara mencari HP Huawei yang hilang. Foto: pexels.com.
Kehilangan ponsel tentu menjadi masalah serius. Apalagi jika perangkat menyimpan data-data penting yang dipakai untuk bekerja, sekolah, maupun kepentingan lainnya.
Salah satu cara mencari HP Huawei yang hilang bisa menggunakan layanan Cloud Huawei. Mengutip laman huaweicloud.com, Huawei Cloud adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mentransfer, dan memulihkan data pada perangkat.
Layanan ini memberikan penyimpanan gratis sebesar 5GB. Selain fitur tersebut, Cloud Huawei dapat membantu penggguna mencari HP Huawei yang hilang dengan mengaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya.
ADVERTISEMENT
Fungsi fitur tersebut juga dapat mengunci perangkat yang hilang dengan cepat. Pengguna juga bisa memutar nada dering sebagai sinyal untuk membantu menemukan ponsel dan menghapus data pribadi untuk mencegah terjadinya pelanggaran privasi.
Namun, sebelum menggunakan fitur ini, pengguna perlu memastikan bahwa HP Huawei yang hilang sudah masuk ke akun Huawei ID. Perangkat tersebut juga harus aktif dan terhubung dengan data seluler selama pencarian.

Cara Mencari HP Huawei yang Hilang

Ilustrasi cara mencari HP Huawei yang hilang. Foto: Unsplash.com.
Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, ikuti instruksi di bawah ini yang dirangkum dari laman consumer.huawei.com.

1. Buka Situs Cloud Huawei

Buka situs web resmi Huawei Cloud di laman cloud.huawei.com pada peramban perangkat seperti tablet, ponsel, atau komputer.
ADVERTISEMENT

2. Masuk ke Akun ID Huawei

Selanjutnya masuk dengan akun Huawei yang sama dengan perangkat yang hilang dengan nomor telepon, email atau ID login yang terdaftar lengkap dengan kata sandinya. Klik tombol Masuk untuk menampilkan halaman utama.

3. Pilih Fitur Temukan Perangkat

Pilih fitur Temukan Perangkat Saya pada halaman utama menu. Jika menggunakan perangkat Huawei untuk mencari HP yang hilang, pengguna bisa masuk ke aplikasi Temukan Perangkat Saya pada perangkat tersebut.

4. Lihat Lokasi Perangkat

Lokasi HP yang hilang akan muncul di peta. Jika perangkat tersebut online, ikon hp akan berwarna hijau. Jika mati ikon akan HP berwarna abu-abu dan pengguna tak bisa melacak lokasi dari jarak jauh.
Apabila HP yang hilang tak terlihat dalam daftar, artinya perangkat tersebut tidak mengaktifkan fitur Temukan Ponsel Saya.
ADVERTISEMENT

5. Putar Suara atau Kunci Perangkat

Jika lokasi perangkat dekat dari lokasi pencarian, pengguna dapat memutar suara pada ponsel tersebut agar lebih mudah mencarinya. Caranya ketuk tombol Putar Suara dan nada yang keluar akan muncul selama 2 menit.
Jika ponsel berada di jarak jauh, jangan gunakan fitur itu sebab akan menghabiskan daya baterai sehingga perangkat akan mati. Alternatifnya, kunci perangkat dengan menekan tombol Kunci.

6. Segera Hapus Data

Segera hapus data jika perangkat terdeteksi dicuri. Klik Hapus Data untuk menghapus semua data dari perangkat. Tindakan ini akan menghapus data secara permanen di ponsel.
Namun, tak akan memengaruhi data yang sudah dicadangkan dan tersimpan pada layanan cloud. Untuk mengaktifkan ulang perangkat, pengguna perlu melakukan verifikasi dan memasukkan kata sandi.
ADVERTISEMENT
Pastikan untuk melapor ke pihak berwenang bahwa ponsel tersebut dicuri untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.
(IPT)