Cara Mengatasi Fingerprint Laptop Tidak Berfungsi, Begini Langkahnya

Konten dari Pengguna
29 Mei 2024 14:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fitur fingerprint pada laptop. Foto: MSI
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fitur fingerprint pada laptop. Foto: MSI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fingerprint adalah salah satu fitur keamanan yang banyak ditemukan di perangkat gadget terbaru. Dikutip dari laman Acer, fingerprint reader merupakan teknologi metode biometrik yang populer untuk proses autentikasi dan keamanan. Akhir-akhir ini, banyak pabrikan laptop yang tertarik mengadopsikan fitur tersebut pada perangkatnya.
ADVERTISEMENT
Kehadiran fingerprint pada sebuah perangkat laptop mampu membuatnya terlihat lebih canggih serta menjamin keamanan sistem dan data pengguna. Sayangnya fitur fingerprint ini bisa mengalami masalah, seperti gagal membaca fingerprint ketika hendak membuka sistem laptop.

Cara Mengatasi Fingerprint Laptop Tidak Berfungsi

Ilustrasi fitur fingerprint pada laptop. Foto: Freepik
Proteksi digital sangat penting karena membuat data-data yang berada di perangkat digital tidak mudah diakses orang lain. Dengan perlindungan perangkat digital, aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan lebih aman. Salah satu perangkat yang menggunakan sistem perlindungan fingerprint adalah perangkat laptop.
Mengutip penjelasan Syafrial (2023) dalam buku Literasi Digital, fitur kunci pencocokan sidik jari atau fingerprint authentication merupakan fitur perlindungan perangkat laptop menggunakan sistem deteksi sidik jari. Fitur ini bekerja dengan cara menyesuaikan sidik jari pengguna laptop agar bisa membuka laptop sehingga orang lain tidak mudah untuk membuka laptop karena sidik jari setiap orang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Jika fitur fingerprint di laptop milikmu mengalami masalah, kamu tidak perlu khawatir. Lakukan beberapa langkah mudah berikut sebelum membawa laptop ke teknisi laptop:

1. Bersihkan Jari dan Sensor Sidik Jari

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah bersihkan dulu jari yang digunakan untuk buka sensor sidik jari. Dikutip dari laman Samsung, sensor sidik jari memiliki sensitivitas tinggi sehingga jari yang kotor tidak dapat dibaca, apalagi kalau tertutup kotoran atau minyak.
Oleh karena itu, sebaiknya cuci tangan atau seka tangan dari kotoran sebelum membuka kunci. Selain itu, jaga terus area sensor fingerprint di laptop agar bebas dari sisa kotoran atau minyak yang menempel.

2. Restart Laptop

Cara kedua untuk mengatasi error pada fitur fingerprint laptop adalah dengan melakukan restart. Matikan laptop sepenuhnya, tunggu beberapa detik, dan nyalakan kembali. Proses restart dapat membantu membersihkan sementara masalah perangkat keras atau perangkat lunak.
ADVERTISEMENT

3. Mengaktifkan dan Instal Ulang Driver Fingerprint

Ilustrasi fitur fingerprint pada laptop. Foto: Freepik
Cara mengaktifkan dan menginstal ulang driver fingerprint laptop menurut laman ASUS adalah sebagai berikut:

4. Periksa Pengaturan Keamanan dan Antivirus

Beberapa program keamanan atau antivirus pada laptop mungkin memblokir fungsi fingerprint untuk alasan keamanan. Periksa pengaturan keamanan dan pastikan aplikasi fingerprint dan driver tercakup dalam daftar izin atau pengecualian. Dengan begitu, masalah pada fingerprint laptop akan teratasi.
ADVERTISEMENT

5. Update Firmware BIOS:

Firmware BIOS yang sudah terlalu lawas dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dengan perangkat keras, termasuk sensor sidik jari. Pastikan firmware BIOS laptop kamu sudah diperbarui ke versi terbaru yang disediakan oleh produsen laptop.

6. Cek Kondisi Fisik Laptop:

Periksa apakah laptop milikmu mengalami kerusakan fisik, khususnya di bagian sensor sidik jari. Apabila fingerprint memang terdapat kerusakan, seperti retakan atau pecah, segera bawa laptop ke pusat servis untuk diperbaiki.
(SLT)