Konten dari Pengguna

Cara Mengatasi Laptop Insydeh20 Setup Utility

29 Mei 2024 15:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi laptop Insydeh20 Setup Utility. Foto: Super User
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi laptop Insydeh20 Setup Utility. Foto: Super User
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah laptop kamu menunjukkan tulisan "Insydeh20 Setup Utility" di layar? Itu artinya laptop mengalami masalah pada hardware atau BIOS.
ADVERTISEMENT
Untungnya, InsydeH20 Setup Utility bukanlah virus atau program yang membahayakan laptop. Insydeh20 Setup Utility adalah antarmuka untuk mengakses BIOS pada laptop. Namun jika muncul terus menerus, kamu harus menyelesaikan masalah tersebut agar laptopmu bisa berfungsi normal kembali.

Penyebab Laptop Insydeh20 Setup Utility

Ilustrasi BIOS laptop. Foto: ASUS
Apabila sistem menunjukkan "Insydeh20 Setup Utility", artinya ada kemungkinan besar bahwa laptop mengalami error pada software atau hardware. Jika mengarah ke "Insydeh20 Setup Utility", umumnya tombol untuk masuk ke menu UEFI/BIOS misalnya Esc/F2/Del dan sebagainya, tergantung pada tipe laptop.
Jika muncul terus menerus, kemungkinan ada masalah pada hardware atau BIOS laptopmu. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan beberapa solusi awal, seperti mengecek kondisi hardware laptopmu, reset setting BIOS, update BIOS, atau bahkan instal ulang sistem operasi.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Laptop Insydeh20 Setup Utility

Ilustrasi laptop Insydeh20 Setup Utility. Foto: Microsoft Community/yummybuns
Untuk masuk ke BIOS pada laptop dengan BIOS InsydeH20, tekan tombol yang ditunjukkan pada layar saat kamu menghidupkan laptopmu. Pada sebagian besar laptop dengan BIOS InsydeH20, tombol yang harus ditekan adalah F2 atau Del.
ADVERTISEMENT
Selain cara tersebut, ada dua langkah alternatif lain untuk mengatasi laptop "Insydeh20 Setup Utility". Simak pembahasan berikutnya.

1. Reset Setting BIOS

Selain cara di atas, langkah selanjutnya adalah mereset setting BIOS. Untuk melakukannya, masuk ke BIOS laptop.
Setelah masuk ke BIOS, cari opsi yang bernama “Load Setup Defaults” atau “Reset to Default”. Pilih opsi tersebut dan simpan pengaturan BIOS dengan mengklik “Save and Exit”.

2. Update BIOS

Jika kamu sudah melakukan reset setting BIOS namun masalah masih berlanjut, coba update BIOS kamu ke versi terbaru. Untuk melakukannya, cari update BIOS di situs resmi laptopmu atau dari vendor BIOS.
Setelah kamu mengunduh update BIOS, jalankan aplikasi tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan. Proses update BIOS ini membutuhkan waktu beberapa menit dan jangan mematikan laptopmu selama proses berlangsung.
ADVERTISEMENT
(SLT)