Tekno & Sains
·
15 September 2021 17:58
·
waktu baca 2 menit

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP (145584)
searchPerbesar
Ilustrasi menonton video. Foto: Shutterstock
Cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP sangatlah penting, apalagi video tersebut adalah momen penting dalam hidup kamu.
ADVERTISEMENT
Lalu, bisa saja kamu tidak sengaja menghapus video penting atau video yang baru saja di-edit.
Sebenarnya, video yang terhapus tidak benar-benar terhapus. Jadi, kamu tidak perlu bingung dan khawatir lagi. Sebab, video tersebut masih bisa diselamatkan.
Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah cara mengembalikan video yang terhapus lama.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Tanpa PC

1. Recycle Bin

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP (145585)
searchPerbesar
Cara mengembalikan video yang terhapus di Recycle Bin. Foto: Nada Shofura/kumparan
Smartphone kini sudah dilengkapi dengan fitur 'Recycle Bin' yang sama dengan laptop atau PC. Sehingga, video yang baru saja terhapus akan tersimpan ke folder 'Recycle Bin'. Kemudian, bisa dipulihkan sebelum terhapus selama 30 hari.
Lalu, kamu juga bisa menemukan folder 'Recycle Bin' di 'File Manager' ponsel. Setelah itu, buka folder tersebut dan cari video yang ingin kamu kembalikan. Selanjutnya, klik video tersebut dan klik tombol 'Restore'.
ADVERTISEMENT

2. Google Photos

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP (145586)
searchPerbesar
Cara mengembalikan video yang terhapus di HP Android di Google Photos. Foto: Nada Shofura/kumparan
Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP
Cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP cukup penting. Jika kamu tidak sengaja menghapus video, maka ada cara untuk mengembalikannya. Ikuti caranya di bawah ini:
1. Cari Video yang Terhapus di Google Photos
Pada ponsel Android, foto, dan video secara otomatis akan dicadangkan di Google Photos. Jika kamu tidak bisa menemukan video di folder Recycle Bin, maka cobalah untuk mencari di Google Photos.
2. Download Ulang Video di Google Photos
Cara mengembalikan video yang terhapus di Android tanpa aplikasi adalah buka Google Photos dan cari video tersebut. Jika sudah ketemu, maka kamu hanya perlu mengunduh ulang video tersebut.

3. iCloud

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP (145587)
searchPerbesar
Tampilan iCloud. Foto: Apple
Bagi pengguna Apple, maka ada cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP iPhone. Nantinya, video yang ada di HP akan otomatis dicadangkan ke iCloud.
Sama seperti mengembalikan video dari Google Photos, kamu juga hanya perlu mengunduh video tersebut dari iCloud.

Aplikasi untuk Mengembalikan Video yang Terhapus

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengandalkan bantuan dari beberapa software recovery untuk mengembalikan video yang terhapus.
Dikutip dari laman Tech Radar, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengembalikan video yang tak sengaja terhapus:

1. Stellar Data Recovery

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP (145588)
searchPerbesar
Tampilan aplikasi Stellar Data Recovery. Foto: Stellar
Aplikasi Stellar Data Recovery merupakan layanan pemulihan data yang paling populer. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menghemat waktu untuk mengembalikan video yang terhapus. Sebab, cara ini tidak membutuhkan proses pemindaian.
ADVERTISEMENT
Stellar Data Recovery mendukung seluruh format file yang akan dikembalikan. Lalu, kamu juga bisa mengembalikan data yang terhapus di hard drive internal hingga eksternal, kartu memori, USB, dan DVD.

2. Recuva

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP (145589)
searchPerbesar
Tampilan aplikasi Recuva. Foto: CCleaner
Recuva juga bisa mengembalikan video yang terhapus secara tidak sengaja. Selain itu, kamu bisa mengembalikan data dari Google Drive yang rusak dan drive eksternal atau internal.
Recuva hadir dengan versi gratis dan berbayar. Sehingga, kamu bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu. Jika sesuai kebutuhan, kamu bisa melanjutkan penggunaan Recuva dengan versi berbayar untuk menikmati fitur lengkapnya.
Itulah beberapa cara mengembalikan video yang terhapus di HP atau PC. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti Recuva dan Stellar untuk membantu memulihkan video yang terhapus.
ADVERTISEMENT
(HDZ)