Cara Menghilangkan Malware di HP Xiaomi

Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 8:51
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menghilangkan Malware di HP Xiaomi (539886)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menghilangkan malware di Hp Xiaomi. Foto: Xiaomi.
Cara menghilangkan malware di HP Xiaomi bisa dilakukan di beberapa aplikasi yang kamu miliki. Aplikasi penghapus malware di Xiaomi bisa kamu temukan secara gratis di Google Play Store.
ADVERTISEMENT
Malware merupakan suatu data atau file yang mampu mencuri berbagai data yang tersimpan di handphone. Contoh beberapa malware tersebut adalah virus, keylogger, dan trojan.
Malware juga bisa masuk akibat pengguna menginstal aplikasi yang tidak resmi dan berbahaya. Selain itu, malware juga bisa masuk melalui tautan link yang tidak sengaja di-klik.
Jadi, pastikan bahwa kamu mengunduh aplikasi yang legal di Google Play Store atau berhati-hati ketika mendapatkan notifikasi tautan link yang mencurigakan.
Beberapa malware ada juga yang bisa dihapus dengan mudah. Namun, tidak sedikit malware yang sulit sekali untuk dihapus. Dalam artikel ini, kamu bisa mengikuti tutorial cara menghilangkan malware di Android.

Cara Menghilangkan Malware di HP Xiaomi

Cara Menghilangkan Malware di HP Xiaomi (539887)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menghilangkan malware di HP Xiaomi. Foto: Xiaomi

1. Gunakan Data Eraser CB

Cara scan virus Android adalah melalui aplikasi Data Eraser CB. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Berikut adalah cara menghapus malware di Android yang tidak bisa melalui Data Eraser CB:
ADVERTISEMENT
  1. Cari dan instal aplikasi ‘Android Eraser CB’ di Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi ter-instal, buka aplikasi tersebut. Kemudian, pilih menu ‘Settings’ yang berada di pojok kanan atas layar.
  3. Scroll ke bawah, kemudian pilih ‘Default method’.
  4. Pilih opsi BSI TL-03423’.
  5. Pilih menu ‘Manage app permissions’, lalu izinkan aplikasi untuk mengakses penyimpanan.
  6. Aktifkan saklar pada ‘Show hidden files’.
  7. Kembali ke menu utama aplikasi, lalu pilih ‘Select Files’.
  8. Pilih ‘Internal Storage’, kemudian cari file malware yang tidak bisa dihapus.
  9. Setelah menemukan file malware, tekan dan tahan file tersebut.
  10. Tekan ikon tempat sampah yang berada di pojok kanan atas untuk menghapus malware di Android yang tidak dihapus.
  11. Setelah mengikuti cara tersebut, file malware di HP Android kamu akan terhapus.
Perlu diingat, kamu hanya bisa menghapus malware dengan ukuran file di bawah 100 MB. Jika kamu ingin menghapus malware yang berukuran di atas 100 MB, maka harus upgrade aplikasi dengan harga Rp 62.000,-.
ADVERTISEMENT

2. Masuk ke Safe Mode

Jika kamu ingin menghapus aplikasi yang dicurigai seperti malware, maka bisa melakukan proses penghapusan aplikasi melalui Safe Mode. Melalui Safe Mode, kamu bisa menghapus seluruh aplikasi yang mengandung malware.
Dikutip dari Gadget Hacks, setiap HP memiliki cara masuk ke Safe Mode yang berbeda-beda. Pada umumnya, Safe Mode bisa diakses dengan menekan tombol ‘Power’ selama beberapa detik.
Jika dengan menekan tombol Power dam menu Safe Mode tidak muncul, maka kamu bisa mencoba tekan tombol Power untuk menurunkan volume secara bersamaan.
Setelah masuk ke Safe Mode, kamu bisa langsung menuju ke menu Settings. Selanjutnya, masuk ke menu Aplikasi dan hapus aplikasi yang mengandung malware. Untuk mengembalikan HP dalam kondisi normal, lakukan proses restart.
ADVERTISEMENT

3. Menggunakan Malwarebytes Security

Terakhir, cara menghilangkan malware di HP Xiaomi adalah melalui aplikasi Malwarebytes. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.
Malwarebytes merupakan salah satu aplikasi penghapus virus atau malware yang paling populer. Aplikasi ini mampu menghancurkan berbagai jenis malware yang kerap dilupakan oleh pengguna HP.
Dikutip dari Malware Tips, berikut adalah cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus melalui Malwarebytes Security:
  • Instal Aplikasi Malwarebytes Security
Cari dan instal aplikasi Malwarebytes di Google Play Store. Setelah ter-instal, buka aplikasi tersebut. Ikuti semua petunjuk yang ada di layar untuk memproses semua persiapan.
  • Tekan 'Fix Now' untuk Memindai Sistem
Tekan ‘Got it’, kemudian berikan izin akses aplikasi Malwarebytes. Lalu, tekan ‘Fix Now’ untuk menjalankan pemindaian sistem secara penuh. Klik ‘Update database’ dan ‘Run full scan’.
ADVERTISEMENT
  • Klik 'Remove Selected' untuk Hapus Malware
Tunggu hingga pemindaian Malwarebytes selesai. Dalam proses ini, Malwarebytes akan mencari beberapa aplikasi yang bermasalah, virus, hingga malware yang tidak bisa dihapus. Klik ‘Remove Selected’ untuk menghapus berbagai jenis malware yang terdeteksi. Terakhir, lakukan proses restart.
Sekarang, kamu sudah memahami cara menghilangkan malware di HP Xiaomi dengan mudah dan anti lemot.
(DEEM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020