Konten dari Pengguna

RS AMC Muhammadiyah, Rumah Sakit Pro ASI di Yogyakarta

RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta
Rumah sakit swasta tipe D dengan pelayanan prima di Pusat Kota Yogyakarta
7 September 2022 11:12 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
RS AMC Muhammadiyah - ASI (Air Susu Ibu) adalah anugerah Tuhan yang luar biasa berupa makanan alamiah berbentuk cairan dengan kandungan gizi terbaik dan sesuai untuk kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik. ASI pertama berupa cairan bening berwarna kekuningan (kolostrum), sangat baik untuk bayi karena mengandung zat kekebalan terhadap penyakit.
ADVERTISEMENT
WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) merekomendasikan ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, yaitu pemberian ASI saja tanpa makanan dan minuman lain termasuk air putih (kecuali obat, vitamin dan mineral tetes). Pemberian ASI dapat dilanjutkan hingga usia 2 tahun dengan tambahan makanan pendamping ASI (MP-ASI).
Untuk mendukung upaya menyusui eksklusif, tentu bunda harus pandai dalam memilih rumah sakit bersalin. Saat ini terdapat istilah rumah sakit pro ASI, yaitu rumah sakit yang mendukung ibu memberikan ASI eksklusif. Sebagai rumah sakit pro ASI di Yogyakarta, RS AMC Muhammadiyah memberikan dukungan menyusui berupa bimbingan dari tenaga medis serta penyediaan fasilitas ramah menyusui. Apa saja fasilitas yang dimiliki RS AMC Muhammadiyah sebagai rumah sakit pro ASI?
ADVERTISEMENT
Menerapkan IMD
Inisiasi menyusu dini (IMD) merupakan proses memberikan ASI segera setelah persalinan pada semua ibu melahirkan yang memenuhi kriteria. IMD merupakan langkah awal untuk memberikan ASI eksklusif.
Menerapkan Rawat Gabung
Sistem rawat gabung (bedding in) memungkinkan ibu untuk menyusui kapan saja, mencegah kecemasan ibu apabila dirawat terpisah dengan bayi, dan membantu orang tua belajar merawat bayi secara mandiri.
Konseling Menyusui
Setiap ibu yang melahirkan di RS AMC Muhammadiyah akan diberikan edukasi dan dibantu proses menyusui oleh dokter konselor menyusui atau tenaga medis terlatih.
Menyediakan Ruang Menyusui
RS AMC Muhammadiyah menyediakan ruang menyusui yang sesuai dengan standar Permenkes bagi pasien atau pengunjung di area tunggu poliklinik.
Klinik Laktasi
Dokter konselor menyusui di klinik laktasi RS AMC Muhammadiyah siap membantu ibu dan calon ibu agar sukses menyusui serta menangani masalah-masalah dalam proses menyusui.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah alasan mengapa bunda dapat memilih RS AMC Muhammadiyah sebagai rumah sakit bersalin pilihan utama. RS AMC Muhammadiyah siap untuk menyediakan dukungan kebijakan, fasilitas, serta tenaga profesional untuk melindungi, menerapkan, serta mempromosikan 10 "Langkah Keberhasilan Menyusui".