Peringati Hari Ibu, Srikandi Rutan Banjarnegara Didapuk Menjadi Petugas Upacara

Rutan Banjarnegara
Rumah Tahanan Negara Banjarnegara adalah Unit Pelaksana Teknis di wilayah Jawa Tengah yang dibawahi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI.
Konten dari Pengguna
23 Desember 2022 21:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rutan Banjarnegara tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peringati Hari Ibu ke 94, Srikandi Rutan Banjarnegara Didapuk Menjadi Petugas Upacara
zoom-in-whitePerbesar
Peringati Hari Ibu ke 94, Srikandi Rutan Banjarnegara Didapuk Menjadi Petugas Upacara
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Peringati Hari Ibu ke 94, Srikandi Rutan Banjarnegara Didapuk Menjadi Petugas Upacara
ADVERTISEMENT
Banjarnegara, INFO_PAS - Peringati Hari Ibu tahun 2022, Rumah Tahanan Banjarnegara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara menggelar upacara bendera, Kamis (22/12).
Peringatan Hari Ibu tahun 2022 terkesan istimewa, pasalnya petugas upacaranya didominasi oleh kaum perempuan.
Mulai dari Pemimpin Upacara, dirigen, pembaca UUD, pembaca sejarah singkat hari ibu, protokol hingga ajudan Inspektur Upacara seluruhnya kaum perempuan.
Hanya pengibar bendera dan inspektur upacara yang dilaksanakan oleh pria.
Inspektur upacara Sahlan dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan Hari Ibu telah membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat.
“Dewasa ini banyak perempuan yang sukses berkarir dalam bidangnya, seperti menjadi anggota dewan, menjadi bupati dan bahkan menjadi petugas Pemasyarakatan seperti ibu ibu disini. Jika diberi peluang dan kesempatan, maka akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya. Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan atau agent of change,” katanya.
ADVERTISEMENT
Sahlan juga mengatakan perempuan Indonesia merupakan perempuan yang harus sadar jika mereka mempunyai kesempatan yang sama dengan laki-laki.
"Setelah emansipasi wanita, kaum perempuan mempunyai kesempatan yang sama seperti kaum pria. Kita lihat biasanya yang menjadi petugas upacara adalah pria namun pada upacara hari ini petugasnya didominasi oleh wanita. Jadi tidak sia-sia apa yang sudah diperjuangkan para pahlawan perempuan terdahulu,” lanjutnya.
Sementara itu menutup amanat Sahlan menyampaikan pesan Kepala Rutan (Karutan) Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma yang pada hari itu sedang mengikuti giat peringatan hari Ibu di Lembaga Pemasyarakatan Purwokerto.
"Ada pesan dari Karutan untuk para srikandi agar tetap berdaya dalam segala hal positif dan juga Karutan menyampaikan selamat memperingati Hari Ibu yang ke 94 Tahun 2022, Perempuan berdaya, Indonesia Maju," pungkasnya. (prd)
ADVERTISEMENT
(Tim Humas Rutan Banjarnegara)