Gapai Berkah Ramadhan, Fryda Lucyana Rilis Single Religi Berjudul Rindu Ramadhan

Konten dari Pengguna
17 April 2022 19:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ilham Bintang tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gapai Berkah Ramadhan, Fryda Lucyana Rilis Single Religi Berjudul Rindu Ramadhan (119137)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Penyanyi Fryda Lucyana yang selama ini dikenal sebagai penyanyi penuh penghayatan dan terkenal dengan lagunya "Rindu", hasil besutan maestro musik Eros Djarot. Kali ini, Fryda mengeluarkan single religi berjudul "Rindu Ramadhan".
ADVERTISEMENT
Lagu yang bernuansa religi ini menceritakan tentang perasaan seorang hamba selama di bulan suci Ramadhan terhadap kerinduannya untuk bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya. Suara vokal Fryda yang sangat khas dan mempunyai karakteristik vokal tersendiri merupakan modal utama yang sangat pas saat membawakan lagu "Rindu Ramadhan". Era 90an merupakan masa keemasan Fryda dan lagu-lagunya melegenda hingga saat ini.
Fryda tidak tanggung-tanggung dalam penggarapan lagu "Rindu Ramadhan" ini menggaet Sandy Canester untuk dalam waktu yang sangat singkat memproduksi musik maupun video liriknya. Hal ini perlu diapresiasi dengan acungan jempol untuk kerja keras di tengah kesibukannya yang sangat padat baik sebagai ASN di Sekretariat Negara maupun berbagai aktivitas lain termasuk menjaga kesehatannya, Fryda mampu menghasilkan karya yang indah ini.
ADVERTISEMENT
Sandy Canester pun bukan musisi sembarangan. Selain sebagai penyanyi, beberapa lagu karya ciptaannya sangat dikenal di blantika musik Indonesia seperti "Lirih" yang dinyanyikan Ari Lasso, "Aku Mau" dinyanyikan Once dan "Cinta Putih" dinyanyikan oleh Kerispatih. Debut Sandy dalam musik Indonesia tidak diragukan lagi.
Kali ini Sandy selaku produser musik dan sekaligus penata musik lagu "Rindu Ramadhan" berkolaborasi dengan Fryda Lucyana. Sandy mempersiapkan lagu ini dengan matang agar karya lagu ini dapat dinikmati khalayak ramai dan dapat diterima para penikmat musik Indonesia.
Tak disangka, pencipta lagu "Rindu Ramadhan" adalah Mohammad Rudiansyah, seorang dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang juga sekaligus berperan sebagai produser eksekutif dan meminta Fryda untuk menyanyikannya.
ADVERTISEMENT
Rudiansyah menciptakan lagu ini ketika mengalami perasaan yang begitu mendalam di akhir Ramadhan 1443 H, merasakan kerinduan akan bertemu kembali bulan suci yang penuh dengan rahmat dan maghfiroh Allah bagi hamba-Nya. Di saat itu tidak tahu takdir apakah masih diberikan umur panjang untuk bertemu dengan Ramadhan berikutnya, apalagi di masa pandemi yang sedang melanda.
Mohammad Rudiansyah, di balik kesibukannya sebagai seorang dokter masih menyempatkan diri untuk berkarya seni. Bukan suatu kebetulan lagu ciptaannya ini dibawakan seorang penyanyi kenamaan Fryda Lucyana. Mereka merupakan teman lama sejak pertama bertemu pada Jambore Nasional di Cibubur tahun 1986 silam.
Mereka sempat kehilangan kontak lebih dari 30 tahun pasca Fryda bertolak ke Belgia untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS. Silaturahmi antara keduanya kembali terjalin satu setengah tahun belakangan.
ADVERTISEMENT
Dipertemukan secara virtual, mereka sempat Webinar bareng tentang Kebiasaan Baru menghadapi Pandemi pada tahun lalu, kerja sama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Kalimantan Selatan, di mana Dr. Mohammad Rudiansyah adalah Ketua IDI Wilayah Kalsel dan Fryda diundang sebagai bintang tamu untuk sharing pengalamannya sebagai penyintas Covid-19.
Lagu "Rindu Ramadhan" telah dirilis pada hari Jumat malam, 15 April 2022. Meski secara awal sudah diperkenalkan pada tanggal 10 April 2022 saat pertama kalinya direkam di studio rekaman di Jakarta. Diharapkan lagu yang dirilis pada hari Jumat yang penuh berkah dapat diterima dengan baik di kalangan masyarakat luas, khususnya dalam menemani hari-hari di bulan Suci Ramadhan ini.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020