Pencarian populer
USER STORY

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Semarang di Bawah Rp 50.000

Sudah sejak lama, oleh-oleh menjadi tradisi yang sulit sekali dilepaskan. Apalagi di musim mudik yang sudah hampir datang, perkara oleh-oleh tampaknya juga harus mulai kita pikirkan. Sebab, rekan-rekan di perantauan pasti mengharapkan buah tangan yang kita bawa dari kampung halaman.

Salah satu oleh-oleh mudik yang biasa dibawa ke perantauan adalah makanan. Bermacam camilan khas yang tahan lama dibawa dari daerah asal sebagai oleh-oleh untuk teman-teman. Tapi, sayangnya, oleh-oleh khas biasanya mahal. Di waktu lebaran yang pastinya banyak pengeluaran, membeli oleh-oleh mahal bisa saja menjadi beban.

Nah, untuk kamu yang pulang ke Semarang. Jangan khawatir karena kamu enggak harus beli Bandeng Presto atau Lunpia yang harganya relatif mahal. Kamu bisa membeli oleh-oleh yang cukup terjangkau, bahkan dengan harga di bawah 50.000 saja, lho!

Rekomendasi ini bisa juga digunakan oleh kamu yang bukan asli Semarang tapi sedang liburan dan ingin membeli oleh-oleh khas Semarang dengan harga yang lebih 'miring'. Apa saja, ya, oleh-oleh khas Semarang yang harganya di bawah Rp 50.000? Yuk, baca rekomendasinya di bawah ini:

  1. Moaci Gemini

Moaci Gemini khas Semarang. (Foto: Indah Salimin)

Moci adalah salah satu makanan ringan yang sangat khas sebagai oleh-oleh khas Semarang. Salah satu yang paling terkenal adalah Moaci Gemini. Kudapan kenyal ini dulunya hanya memiliki satu isian rasa yakni kacang merah dengan taburan wijen. Tapi, di Moaci Gemini, kamu bisa menemui berbagai pilihan rasa yang lebih variatif seperti cokelat, stroberi, jeruk, Oreo, dan bahkan durian!

Untuk taburannya, kamu juga bisa memilih antara wijen dan tepung. Agar lebih terasa khas Semarangnya, kamu bisa memilih taburan wijen karena taburan wijen inilah yang membedakan moci khas Semarang dengan moci dari daerah lain.

Moaci original dengan taburan wijen. (Foto: Indah Salimin)

Untuk harganya, cukup terjangkau karena banyak kemasan dengan harga di bawah Rp 50.000. Untuk moci original, kamu bisa memilih kemasan isi 10 (Rp 20.000), isi 16 (Rp 31.000), atau isi 25 (Rp 47.500). Sedangkan untuk rasa variasi, agak lebih mahal yakni Rp 25.000 untuk kemasan isi 10, Rp 37.500 untuk kemasan isi 16 dan Rp 55.000 untuk kemasan isi 25. Khusus untuk isi Oreo, hanya tersedia satu pilihan kemasan, yakni kemasan isi 10 dengan harga Rp 27.500.

Moaci rasa cokelat dengan taburan tepung dan original wijen. (Foto: Indah Salimin)

Bagi saya sendiri, saya lebih suka rasa original dengan taburan wijen dibandingkan rasa variasi. Saya benar-benar bisa menikmati kenyalnya adonan moci dengan isian kacang merah disertai letupan-letupan kecil dari wijen dalam tiap kunyahannya. Saya rasa, sekotak Moaci Gemini bisa jadi oleh-oleh khas yang manis untuk diberikan kepada rekan-rekan di perantauan.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi gerai Moaci Semarang di Jalan RA Kartini no 19, Semarang Timur dan di Ruko Semarang Indah, Jl. Madukoro Raya, Blok D-XI No.3 D, 50144, Tawangmas, Semarang Barat.

  1. Tahu Bakso

Tahu Bakso paling kondang di Semarang. (Foto: Indah Salimin)

Jika kamu tidak ingin membeli oleh-oleh dengan citarasa manis, kamu bisa beralih ke Tahu Baxo Ibu Pudji. Tahu bakso dengan kemasan kardus warna hijau ini juga menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu oleh para wisatawan maupun warga asli Semarang. Selain karena kualitas rasanya, harga kudapan ini juga cukup ramah di kantong.

Untuk sekotak tahu rebus berisi 10 tahu, kamu bisa menebusnya seharga Rp 36.000. Tapi, jika kamu merasa malas untuk menggorengnya sendiri, kamu bisa membeli versi gorengnya seharga Rp 38.000 per kotak.

Soal rasa, kamu tidak perlu 'berjudi' dengan keberuntunganmu sendiri. Sebab, rasa tahu bakso Bu Pudji memang salah satu yang terbaik di Semarang. Dalam tiap gigitannya, kamu akan merasakan serat daging yang sungguh terasa gurih dan nagih. Pokoknya, oleh-oleh satu ini benar-benar recommended untukmu penggemar makanan gurih.

Gurihnya mantap. (Foto: Indah Salimin)

Untuk mendapatkan Tahu Baxo Bu Pudji, kamu bisa ke outlet Bu Pudji yang punya beberapa cabang di Semarang. Beberapa di antaranya yakni di Jalan Diponegoro Mijen Ungaran Timur, di Jalan Raya Semarang – Bawen Kilometer 24, Babadan, Ungaran, dan di Jalan Pamularsih No. 15 Semarang Barat.

Selain membeli tahu bakso untuk oleh-oleh, kamu juga bisa sekaligus menikmati secara langsung bermacam olahan tahu di outlet Bu Pudji, lho. Jadi, kamu bisa merasakan sendiri dulu, gurihnya tahu bakso paling kondang di Semarang ini.

  1. Chiffon Cake Pelangi

Chiffon Cake dari Pelangi. (Foto: Indah Salimin)

Ini dia salah satu oleh-oleh yang recommended banget dibawa dari Semarang: Chiffon Cake Pelangi. Kue sponge yang lembut dengan keju melimpah ini dijamin bisa bikin happy orang yang menerimanya. Ditambah lagi, kemasannya yang cukup lux dengan kardus berwarna hijau tua, membuat Cake Pelangi jadi tentengan yang oke banget dibawa untuk oleh-oleh.

Untuk harganya, enggak usah khawatir karena Kedai Pelangi punya dua pilihan untuk cake-nya. Kamu bisa memilih kemasan besar dengan harga Rp 55.000 atau kemasan tanggung dengan harga Rp 45.000. Kemasan tanggung berukuran kira-kira 25 cm x 25 cm sedangkan ukuran tanggungnya sekitar 17 cm x 17 cm. Kamu bisa pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu.

Keju yang melimpah ruah. (Foto: Indah Salimin)

Oleh-oleh yang manis dan terjangkau ini bisa kamu dapatkan di kedai oleh-oleh Pelangi di kawasan Pleburan, Semarang Selatan. Letaknya tidak jauh dari pusat kota, tepatnya Jalan Singosari Raya No.45, di dekat Wonderia dan Taman Budaya Raden Saleh. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini sehingga membelinya tidak akan terlalu merepotkan perjalananmu.

  1. Brownies Premium Opium

Brownies Premium Opium. (Foto: Indah Salimin)

Jangan gentar dulu dengan label 'premium' yang tersemat dalam oleh-oleh khas Semarang yang cukup kondang ini. Meski mengusung kualitas premium, namun Brownies Opium nyatanya punya pilihan kemasan yang tergolong ekonomis. Kemasan berisi 12 potong brownies setengah kering ini cukup pantas untuk kamu bungkus dan bawa sebagai oleh-oleh selepas mudik atau liburan dari Semarang.

Harganya, Rp 28.000 saja per kotak. Kemasannya manis, dengan kotak mika dan pita merah yang membuatnya makin menggoda. Brownies Opium menawarkan tiga varian rasa yakni brownies cokelat almond, brownies cokelat keju, dan brownies cokelat kacang. Ketiga varian ini dibanderol dengan harga sama.

Rasanya, tak usah diganggu gugat lagi: nyess di mulut. Teksturnya pas dikunyah, tidak kering juga tidak terlalu basah. Manisnya pun tidak terlalu seperti brownies basah jadi kamu tidak akan merasa eneg meski beberapa potong browniesnya sudah bermigrasi ke mulutmu.

Satu kotak berisi 12 potong. (Foto: Indah Salimin)

Untuk mendapatkan brownies Opium, kamu juga tidak perlu terlalu repot mencarinya. Sebab, toko brownies Opium terletak tidak jauh dari Simpang Lima Semarang, tepatnya di Jalan Erlangga Barat 7, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang. Jadi makin kuat, kan, alasan untuk memboyong brownies manis ini sebagai oleh-oleh setelah liburan nanti?

  1. Lontong Spekkoek Waiki

Spekkoek berbentuk lontong. (Foto: Indah Salimin)

Kudapan satu ini juga salah satu oleh-oleh yang cukup legendaris di Semarang. Kemasannya yang unik dengan bentuk lontong, membuat banyak orang penasaran dengan kue spekkoek ini. Pada dasarnya, lontong spekoek Waiki mirip dengan lapis legit.

Hanya saja, berbeda dengan lapis legit yang biasanya dijual dalam kemasan kotak dengan harga cukup mahal, Lontong Spekoek Waiki berbentuk lontong dan harganya cukup terjangkau, yakni Rp 20.000 per buah.

Ukurannya memang mini sehingga mungkin kamu bisa membeli dua sekaligus agar semakin puas menikmati legitnya kue spekoek yang diproduksi oleh Hollifood Enterprise Semarang ini. Disajikan bersama kopi atau teh hangat, pastinya membuat oleh-oleh yang kamu bawa ini terasa makin istimewa bagi yang menerimanya.

Legitnya istimewa. (Foto: Indah Salimin)

Kamu bisa mendapatkan Lontong Spekoek Waiki di pabriknya langsung di Jalan Senjoyo II No 1, Bugangan, Semarang Timur. Pabriknya hanya buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore dan tutup di malam hari. Beruntungnya, kamu tetap bisa membeli oleh-oleh unik ini di berbagai pusat oleh-oleh Semarang salah satunya di Jalan Pandanaran.

Tuh, kan, siapa bilang oleh-oleh harus mahal? Buat beli makanan khas yang ikonik pun, kamu bisa tetap hemat dan enggak terlalu dalam merogoh kantong. Jadi, jangan lupa, ya, untuk beli 5 oleh-oleh khas Semarang di bawah Rp 50.000 ini saat kamu berkunjung ke Semarang nanti!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61