• 12

Diduga Harimau Jawa Tertangkap Kamera di Ujung Kulon

Diduga Harimau Jawa Tertangkap Kamera di Ujung Kulon


Hewan diduga Harimau Jawa di TNUK

Hewan diduga Harimau Jawa di TNUK (Foto: Dokumentasi Taman Nasional Ujung Kulon)
Tahun 1980-an, harimau jawa atau disebut dengan nama latin Pantera Tigris Sondaica dinyatakan punah. Keberadaan harimau yang menjadi 'penguasa' hutan di belantara Pulau Jawa ini hanya menjadi catatan sejarah.
Kisah-kisah tentang harimau jawa ini kemudian hanya bisa dibaca di laman Wikipedia, di buku-buku, dan di berbagai foto di arsip era kolonial, ketika para pemburu dengan bangga memamerkan harimau jawa sebagai hasil buruan.
Merunut lebih jauh ke belakang, cerita tentang harimau jawa ini juga terekam di catatan Kerajaan Pajajaran. Di wilayah tanah Pasundan, di leuweng atau di hutannya masih terdapat banyak harimau. Tak heran kalau kemudian Kerajaan Pajajaran mengindentifikasikan diri dengan harimau yang disebut harimau Siliwangi.
Dan kini, ada sedikit titik cerah, ada kabar gembira mengenai harimau jawa. Dari Ujung Kulon, ada kabar penampakan diduga harimau jawa.
"Ini masih diduga ya, kami belum bisa memastikan. Diduga harimau jawa," kata Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Mamat Rahmat, yang dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), Rabu (13/9).
Mamat menjelaskan, saat itu pada 25 Agustus, tim dari Taman Nasional sedang pergi ke kawasan Padang Cidaun, lokasi penggembalaan banteng.
"Waktu itu mau menghitung populasi banteng," ujar dia.
Di Taman Nasional Ujung Kulon ini, selain dikenal dengan badak bercula satu, juga ada banyak banteng. Petugas taman nasional bergerak ke Padang Cidaun, namun alangkah kagetnya melihat ada hewan diduga harimau jawa bergerak. Seekor banteng terkapar diterkam.
"Harima ini kita prediksi usianya masih remaja," kata Mamat.
Di Ujung Kulon ada juga macan tutul, tapi Mamat yakin, hewan yang satu ini mirip harimau jawa.
"Lorengnya berbeda dengan macan tutul," tegas dia.

Perawatan Harimau Sumatra

Perawatan Harimau Sumatra (Foto: Antara/Iggoy el Fitra)



NewsHarimauHarimau JawaFauna

500

Baca Lainnya