Menstabilkan Berat Badan

Nama saya indri dian utami, saya mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, prodi S1 Akuntansi. selain kuliah, saya hanya membantu orang tua dirumah dan berjualan online
Konten dari Pengguna
25 Maret 2022 11:48
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Indri Dian Utami tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Menstabilkan Berat Badan (217380)
zoom-in-whitePerbesar
https://www.shutterstock.com/id/image-photo/young-beautiful-caucasian-fit-strong-woman-1911751381
ADVERTISEMENT
Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kesehatan, kemudian hal yang tidak kalah pentingnya dari kesehatan tubuh adalah menjaga badan agar tetap stabil. Mengapa berat badan harus kita perhatikan agar tetap stabil? karena selain baik untuk kesehatan, berat badan juga berpengaruh terhadap penampilan. Selain itu, berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan banyak penyakit.
ADVERTISEMENT
Saat ini berat badan yang ideal adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang terutama perempuan. Banyak usaha yang dilakukan oleh sebagian orang untuk menyeimbangkan berat badan yaitu dengan mengonsumsi obat herbal atau melakukan diet sehat dengan diimbangi oleh olahraga.
Namun, sekarang ini banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan diet untuk menjaga berat badan agar tetap stabil, cara tersebut sangat tidak dianjurkan untuk kita melakukannya, karena banyak sekali efek samping pemakaian obat-obatan diet, diantaranya diare, susah tidur,nyeri dada,jantung berdebar, dan masih banyak lagi efek samping yang dapat kita dapatkan jika kita mengonsumsi obat tersebut.
Lalu, bagaimana cara agar berat badan kita agar tetap ideal? banyak lho cara yang bisa kita lakukan agar berat badan kita tetap stabil diantaranya kita dapat berdefisit kalori. Defisit kalori sudah biasa didengar kalangan orang khususnya orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Defisit kalori tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, tetapi kita juga dapat mendapatkan berat badan yang stabil, karena dalam berdefisit kalori kita mengurangi gula, minuman yang berasa seperti boba, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Lalu, kalian tahu tidak cara berdefisit kalori itu? caranya kalian dapat memangkas 500 kalori dari kebutuhan kalori harian kita. Misalnya kita biasanya mengonsumsi 2.500 kalori, sewaktu defisit kalori kita hanya mengonsumsi 2.000 kalori. Perlu diperhatikan, kita tidak boleh terlalu banyak memangkas kalori secara berlebihan karena itu dapat membuat badan anda merasa lemas, rambut rontok, haid tidak teratur untuk wanita.
Selain itu, rajin berolahraga juga dapat membuat berat badan kita tetap stabil lho. Selain memangkas kalori yang masuk, kita juga harus berolahraga untuk membantu menyeimbangkan berat badan agar tetap stabil. Banyak manfaat olahraga dalam masa penyeimbangan berat badan diantaranya membakar lemak membakar kalori, setelah kita berdefisit kalori kemudian kalori yang masuk akan dibakar untuk menstabilkan berat badan kita. Ada banyak jenis olahraga yang dilakukan sebagian orang untuk menstabilkan berat badan, diantaranya ada joging, bersepeda, berenang, masih banyak lagi olahraga seperti push up, sit up, plank, dan senam.
ADVERTISEMENT
Menjaga berat badan agar tetap ideal adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti berat badan berlebihan yang dapat mengakibatkan penyakit. Kita dapat dengan mudah menjaga berat badan kita agar tetap ideal dengan melakukan cara di atas dengan konsisten.