Pencarian populer

Jangan Cuma Tau Tsubasa, 5 Komik Sepak Bola Ini Tak Kalah Seru

Komik sepak bola asal Jepang yang sudah tidak asing, Captain Tsubasa, belakangan kerap jadi perbincangan warganet. Pasalnya, Timnas U-19 Indonesia yang kemarin tengah bersiap menghadapi Jepang, ternyata sempat muncul di komik terbitan Shonen Jump ini. Pada komik, Tsubasa dan kolega tampil di Piala Asia yang tuan rumahnya Indonesia.

Pada bab ke-30 komik Captain Tsubasa: World Youth itu menampilkan foto pemain andalan masing-masing peserta. Timnas Indonesia U-19 waktu itu, ada sosok pemain tanpa nama bernomor punggung sepuluh. Jika ditelusuri sesuai terbitnya komik, pada tahun 1994 kala itu pemain andalan bernomor sepuluh adalah Kurniawan Dwi Yulianto.

Pemain di komik Tsubasa diduga Kurniawan Dwi Yulianto, gaya rambutnya pun sama

Beberapa pesepakbola pun mengaku dapat pengaruh masa kecil dari kartun Captain Tsubasa, salah satunya yang paling terkenal adalah Alessandro Del Piero. Il Pinturicchio mengaku menggemari serial kartun asal Jepang tersebut. Terbaru, Pierre Emerick Aubameyang pun tertangkap tangan tengah menonton Tsubasa.

Selain menampilkan permainan sepak bola yang seru, komik sepak bola disukai karena punya cerita yang dramatis. Perpaduan antara sepak bola yang disukai khalayak dan cerita dramatis kehidupan sehari-hari, jadi sesuatu yang menarik diikuti. Selayaknya cerita pemain di luar lapangan yang gemar diikuti, tentunya itu jadi nilai plus komik sepak bola.

Meski Captain Tsubasa begitu populer, ada juga komik sepak bola yang tak kalah seru. Setidaknya ada lima komik sepak bola yang saat ini patut diikuti, berikut judulnya.

1. Angel Voice

Angel Voice (foto: mangahome)

SMA Ichiritsu Ranzan terkenal dengan kenakalannya. Bahkan beberapa siswa memilih sekolah tersebut hanya untuk berkelahi. Suatu hari, kepala sekolah pun menunjuk Kuroki Tetsuo membentuk sebuah klub sepak bola sekolah.

Berisikan anak-anak berandal yang mayoritas tak bisa main bola, sangat menarik mengikuti perkembangan mereka dalam cerita. Dari yang awalnya hanya ikut bermain agar tidak diskors, lama kelamaan mereka jatuh cinta terhadap sepakbola. Semangat mereka pun menyentuh hati penghuni sekolah yang berandal tersebut.

2. 1/11: The Striker Stopped Running

1/11: The Striker Stopped Running (foto: Mayuka/myanimelist.net)

Bercerita tentang Andou Sora yang menyerah bermain sepak bola karena kalah, suatu hari dirinya secara kebetulan bertemu Wakamiya Shiki, wakil Timnas Sepak Bola Wanita Jepang. Sora pun bisa melihat kembali apa yang sebelumnya dia pernah lupakan ― keseruan bermain sepak bola.

Meski memakai premis yang sangat umum buat komik olahraga, perjalanan Sora demi menjadi "1/11" dari tim terbaik di dunia begitu menarik. Komik ini menyajikan cerita tentang perubahan mentalitas pemain sepak bola, dari yang bermasalah sampai jadi berkomitmen.

3. The Knight in the Area

The Knight in the Area (foto: Crunchyroll)

Komik yang terbit sejak tahun 2006 ini menceritakan tentang Kakeru Aizawa yang merasa tak jago bermain memilih jadi manajer sepak bola di sekolahnya. Sementara kakaknya, Suguru Aizawa, adalah jagoan tim yang mewakili Jepang Junior. Suatu hari keduanya mengalami kecelakaan, Suguru pun meninggal.

Kakeru yang membutuhkan organ jantung pun mendapat transplantasi dari sang kakak. Cerita tentang striker yang kepribadiannya terkadang berubah ini seru untuk diikuti, dan sekarang sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat di Indonesia.

4. Menembus Jantung Pertahanan

Menembus Jantung Pertahanan (foto: komikmjp/Instagram)

Menjadi satu-satunya komik lokal asli Indonesia pada daftar, Menembus Jantung Pertahanan menyajikan cerita tentang Perjalanan Sakti, Senopati dan Ciko menjadi pesepakbola terbaik dan juara nasional.

Komik karangan Juan Vito dan Salman Kuntjoro Jakti begitu menarik diikuti karena ceritanya yang begitu dekat dengan kehidupan di Indonesia. Meski banyak influensi dari komik Jepang dan sepak bola internasional, Menembus Jantung Pertahanan tetap kental dengan budaya sepak bola Indonesia, menjadikannya layak untuk coba dibaca.

5. Giant Killing

Giant Killing (foto: crunchyroll)

Komik sepak bola favorit penulis, bercerita tentang legenda tim Jepang East Tokyo United (ETU), Takeshi Tatsumi dipercaya menjadi manajer anyar klub lamanya. Tugas Tatsumi adalah mengembalikan klubnya ke masa kejayaan. Namun, suporter masih menaruh dendam terhadapnya yang dulu memilih pindah ke Liga Inggris, penyebab terpuruknya ETU.

Inilah komik yang menceritakan lengkap tentang sepak bola. Mengambil sudut pandang seorang manajer yang berusaha menyatukan klub, pemain veteran tim yang kehilangan kepercayaan diri, pemain muda yang mencari jati diri, jurnalis olahraga, para staf dan sponsor tim, sampai tentang konflik fans beda generasi, semuanya ada pada komik yang terbit sejak tahun 2007 ini.

Penggalan halaman Giant Killing (Dok. Pribadi)

Jika ingin membacanya, di toko buku terdekat komik ini sudah tersedia sampai dengan volume 45 . Penggemar sepak bola tentunya akan sangat menyukai komik ini. Jadi, komik sepak bola apa favorit kalian? (bob)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63