4 Ciri-ciri ECU Motor Rusak yang Paling Umum

Konten dari Pengguna
9 Juli 2024 11:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri ECU motor rusak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri ECU motor rusak. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap kendaraan dibekali dengan Electronic Control Unit (ECU). Unit utama dalam motor ini bertanggung jawab dalam memantau dan mengendalikan semua komponen di dalam kendaraan.
ADVERTISEMENT
Sehingga jika terjadi gangguan pada ECU, maka bisa dipastikan kinerja komponen motor secara keseluruhan akan terganggu. Adapun kerusakan yang terjadi pada unit ini dapat muncul dalam gejala-gejala yang berbeda.
Untuk mengetahui secara lengkap, berikut ini adalah pembahasan mengenai ciri-ciri ECU motor rusak yang bisa dikenali oleh pengendara.

Apa Itu ECU Motor?

Ilustrasi ECU motor. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sepeda motor dengan sistem injeksi memiliki ECU atau kerap dikenal juga dengan sebutan Electronic/Engine Control Module (ECM). Unit ini bertugas memonitor kerja mesin melalui sensor khusus di dalam mesin motor.
Dalam buku Buku Pintar Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic karya Marsudi, M.T, dijelaskan bahwa ECU adalah perangkat elektronik cerdas yang mampu mengolah beberapa masukan untuk memberikan keluaran yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitas pembakaran.
ADVERTISEMENT
Unit ini berperan dalam banyak tugas seperti menghitung masa udara yang masuk, menentukan masa bensin yang harus dikeluarkan, menentukan waktu pengapian, hingga mampu memberikan sinyal indikator atau kerusakan.

Ciri-ciri ECU Motor Rusak

Ilustrasi ciri-ciri ECU motor rusak. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Mengingat pentingnya peran ECU motor, maka bila piranti ini terganggu maka kerja injektor tidak akan berjalan dengan sempurna.
Salah satunya dapat menyebabkan semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran. Akibatnya, mesin menjadi tidak stabil. Jika kerusakan telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan atau mogok.
Adapun penyebab kerusakan meliputi gangguan kelistrikan karena kelebihan arus listrik, voltase sumber kelistrikan rendah, hingga korsleting atau hubungan pendek arus listrik.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui apakah ECU motor rusak, pengendara bisa mengamati sejumlah ciri-ciri berikut seperti yang dikutip dari laman Automovill dan sumber lainnya.

1. Lampu Check Engine Menyala

Tanda yang mudah dikenali untuk mengetahui bahwa terdapat masalah pada ECU yaitu memeriksa lampu check engine.
Jika menjumpai lampu indikator check engine yang sering menyala maka hal ini mengindikasikan ada kerusakan pada ECU.

2. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Gangguan pada ECU juga berdampak pada efisiensi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar yang lebih boros dari biasanya juga bisa menjadi ciri ECU motor bermasalah.

3. Performa Mesin Buruk

Pemilik kendaraan dapat memperhatikan performa mesin motor saat berkendara. Apabila ada yang tidak beres pada ECU, umumnya pengendara akan merasakan tenaga motor berkurang, putaran mesin kasar, dan bahkan mesin macet.

4. Sulit Menghidupkan Mesin

Kerusakan pada ECU juga ditandai dengan mesin motor yang sulit dinyalakan. Hal ini terjadi terutama pada cuaca dingin.
ADVERTISEMENT
(SA)