Konten dari Pengguna

6 Cara Mengatasi Mobil Mogok Karena Kehabisan Bensin

26 April 2024 15:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi mobil mogok karena kehabisan bensin menjadi informasi yang banyak dibutuhkan oleh para pengendara, terlebih ketika mengalaminya di jalan tol.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana kita ketahui, bensin merupakan bahan bakar minyak yang berfungsi sebagai energi untuk menyalakan dan menggerakkan mobil. Jika mobil kehabisan bensin, mesin bisa mati atau mogok.
Oleh karena itu, pastikan selalu bensin cukup sebelum berkendara agar mobil tidak mogok di tengah jalan. Namun, jika mobil sudah telanjur mogok karena kehabisan bensin, berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Mobil Mogok karena Kehabisan Bensin

Ilustrasi mobil. Foto: Pexels

1. Bawa Mobil ke Tepi Jalan

Saat menyadari bahwa bensin di mobil hampir habis, segera bawa mobil ke tepi jalan untuk menghindari kemacetan atau potensi kecelakaan. Pastikan juga mobil berada di tempat yang aman dari arus lalu lintas.

2. Nyalakan Lampu Hazard atau Pasang Tanda Segitiga Pengaman

Setelah memastikan mobil berada di tempat yang aman, nyalakan lampu hazard atau pasang tanda segitiga pengaman untuk memberi tahu pengendara lain bahwa mobil Anda berada di tepi jalan.
ADVERTISEMENT

3. Manfaatkan Layanan Telepon Pengisian BBM

Cobalah untuk menghubungi layanan pengisian BBM melalui telepon. Untuk menggunakan layanan ini, maka perlu mencari nomor telepon stasiun pengisian BBM biasanya tertera di papan pengumuman atau di situs web SPBU.
Setelah memesan, usahakan untuk membayar dengan uang pas dan berikan uang lebih untuk membayar biaya tambahan yang mungkin dikenakan untuk layanan pengantaran bensin.

4. Hubungi Orang Terdekat untuk Mengirimkan Bensin

Jika tidak ada tempat pengisian BBM atau layanan pengiriman bensin di dekat lokasi mobil mogok, segera hubungi orang terdekat untuk minta bantuan berupa mengirimkan bensin ke lokasi.

5. Minta Bantuan Warga Sekitar Lokasi

Bisa juga untuk meminta bantuan kepada warga sekitar. Kadang-kadang, ada warga yang baik hati yang bersedia membantu mengirimkan bensin atau membawa Anda ke stasiun pengisian BBM terdekat.
ADVERTISEMENT

6. Gunakan Jasa Layanan Online

Solusi lain yang bisa dilakukan saat mengalami kehabisan bensin di jalan adalah dengan menggunakan jasa layanan online. Saat ini, sudah ada beberapa platform atau aplikasi yang menyediakan layanan pengiriman bensin ke lokasi Anda.
Anda bisa memesan bensin dengan cara pesan layanan ojek online melalui aplikasi ini dan memilih lokasi yang sesuai dengan lokasi mobil Anda. Setelah itu, Anda bisa menunggu bensin datang ke lokasi untuk mengisi bensin pada mobil Anda.
(NDA)