Konten dari Pengguna

8 Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya saat Berkendara

10 Juli 2024 16:56 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis lampu mobil. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis lampu mobil. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lampu pada mobil memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan pengendara. Setiap jenis lampu mobil tersebut dirancang dengan memiliki tujuan tertentu.
ADVERTISEMENT
Mulai dari sebagai penerangan hingga memberikan tanda kepada pengguna jalan lain. Oleh karena itu, penting bagi pengguna mobil untuk memahami apa saja jenis-jenis lampu mobil.
Pada uraian di bawah ini disajikan penjelasan mengenai jenis dan fungsi lampu mobil agar pengemudi dapat menggunakannya dengan tepat.

Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

Ilustrasi lampu mobil. Foto: Pexels
Pengguna mobil perlu tahu apa saja jenis lampu-lampu pada mobil dan fungsinya saat berkendara. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Lampu Kepala (Headlight)

Keberadaan lampu kepala berfungsi sebagai lampu penerangan utama pada bagian depan mobil agar pengemudi bisa melihat arah jalan dengan jelas.
Dalam buku Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI: Program Keahlian Teknik Otomotif (2021) karya Z. Furqon, S.T. dan Drs. Joko Pramono, lampu kepala terdiri dari macam yaitu lampu jarak jauh (high beam) dan lampu jarak dekat (low beam).
ADVERTISEMENT

2. Lampu Senja

Lampu senja kerap disebut juga sebagai lampu kota. Lampu penerangan ini digunakan pada malam hari agar pengendara lain dapat dengan cepat mengetahui lebar atau tinggi kendaraan.
Pengemudi dapat menyalakan lampu senja sendiri atau bisa juga menghidupkannya bersamaan dengan lampu utama mobil.
Lampu senja sangat dibutuhkan sebagai pertimbangan ketika ingin menyalip kendaraan. Dengan dapat memperkirakan ukuran atau lebar kendaraan, pengendara mobil bisa menjaga jarak aman dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

3. Lampu Kabut (Fog Lamp)

Sistem penerangan mobil dibekali dengan adanya lampu kabut. Jenis lampu ini dinyalakan untuk memberi penerangan saat kondisi jalanan yang berkabut.

4. Lampu Sein

Keberadaan lampu sein atau lampu tanda belok pada mobil memiliki peranan yang sangat vital. Sesuai dengan namanya, lampu ini berfungsi untuk memberikan tanda atau isyarat kepada pengendara lain bahwa mobil tersebut akan berbelok.
ADVERTISEMENT

5. Lampu Hazard

Lampu hazard merupakan fitur yang memungkinkan lampu sein kiri dan kanan menyala secara bersamaan. Fungsinya adalah sebagai tanda peringatan atau isyarat bagi pengguna jalan lain bahwa ada kendaraan yang berhenti karena dalam situasi darurat.

6. Lampu Belakang (Tail Lamp)

Lampu belakang berguna untuk memberi isyarat jarak mobil pada kendaraan lain yang berada di belakangnya. Lampu mobil satu ini umumnya menyala bersama dengan lampu senja.

7. Lampu Rem

Dalam sistem penerangan mobil juga dilengkapi dengan lampu rem. Lampu rem terletak pada bagian belakang kanan dan kiri kendaraan.
Jenis lampu ini biasanya berwarna merah dan berfungsi sebagai tanda kepada pengendara lain bahwa mobil sedang mengerem.
Dengan begitu, ketika lampu ini menyala, pengemudi di belakang dapat menjaga jarak aman dan segera mengurangi kecepatan laju mobil.
ADVERTISEMENT

8. Lampu Mundur

Kehadiran lampu ini pada kendaraan bermotor berguna untuk memberi tanda mundur pada kendaraan yang berada di belakangnya.
(SA)