Aerox 2020: Spesifikasi, Fitur, dan Harganya

Konten dari Pengguna
5 Agustus 2021 20:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pebalap Indonesia, Galang Hendra menjajal langsung all new Yamaha Aerox 155 Connected di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Foto: YIMM
zoom-in-whitePerbesar
Pebalap Indonesia, Galang Hendra menjajal langsung all new Yamaha Aerox 155 Connected di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Foto: YIMM
ADVERTISEMENT
Yamaha Aerox 2020 atau All new Yamaha Aerox 155 Connected adalah pembaruan dari seri lamanya yang mengalami banyak ubahan baik dari sisi tampilan, fitur, dan juga spesifikasi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari kumparanOTO, secara tampilan, Aerox 2020 mengalami perubahan besar pada bagian muka. Sekarang model headlamp LED-nya dibuat membesar lengkap dengan DRL (Daytime Running Light) di bagian atasnya. Lalu pada bagian sampingnya juga mengalami revisi.
Desainnya terinspirasi dari sebuah motor sport fairing. Bagian bodi belakang samping juga dibuat lebih minimalis namun tetap terlihat tajam dan sporty.
Mundur ke belakang, perubahan hanya terjadi pada bentuk stop lamp LED. Modelnya berubah terlihat lebih kecil dengan mika berwarna merah.
Desain lampu depan all new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparanOTO

Spesifikasi dan Dimensi

Untuk urusan dapur pacu, Aero 2020 ini masih mengusung mesin 155cc, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Tenaganya sekarang meningkat menjadi 15,1 daya kuda pada 8 ribu rpm dan torsi maksimum 13,9 Nm di 6,5 ribu rpm.
ADVERTISEMENT
Jika membandingkan dengan model lawasnya ada peningkatan tenaga sekitar 0,4 daya kuda dan torsi 1 Nm. Di mesin terbaru ini juga sudah dibekali dengan teknologi Blue Core, Variable Valve Actuation, dan Smart Motor Generator.
Peningkatan tenaga itu disebutkan karena ada revisi pada bagian piston yang menggunakan milik R15. Kemudian ada juga revisi pada bagian intake air, sekarang menggunakan dimensi lebih besar yakni 4,3 liter dari awalnya 3,7 liter.
Selanjutnya revisi ukuran klep, di model terbaru ini menggunakan ukuran 20,55 mm yang semula 19,9 mm. Jadi jangan heran selain output mesinnya naik, kompresi mesin juga meningkat menjadi 11,6:1.
Dari sisi dimensi, Aerox 2020 memiliki panjang tubuh 1.980 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.150 mm. Bobotnya meningkat sekitar 6-7 kilogram jika dibandingkan dengan model terdahulu.
ADVERTISEMENT
Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 1.350 dan jarak terendah ke tanah 140 mm. Secara total cukup gambot untuk sebuah motor matik 150 cc.
All new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparanOTO

Fitur

Menyoal fitur, Yamaha Aerox 2020 mendapati penambahan cukup signifikan. Sebagai gambaran buat Anda berikut ini fiturnya:
Fitur all new Yamaha Aerox:

Harga

Menyoal harga, pada generasi terbaru ini memang ada eskalasi harga Rp 450-704 ribu untuk kedua variannya. Oke, untuk varian Connected/ABS dijual oleh Yamaha dengan harga Rp 29 juta OTR Jakarta dan menghadirkan pilihan warna Prestige Silver dan Matte Black Signature.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk varian Connected tanpa ABS dilego Rp 25,5 juta OTR Jakarta dengan 4 pilihan warna yakni, Dark Grey Yellow, Matte Black Cyan, Red, dan Black.
(HDZ)