Konten dari Pengguna

Apa Itu Motor Kapcai? Ini Arti dan Spesifikasinya

21 Maret 2024 17:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Honda Super Cub C50 Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
zoom-in-whitePerbesar
Honda Super Cub C50 Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Istilah motor kapcai barangkali sudah tidak asing di kalangan pecinta otomotif. Namun, bagi orang awam sebutan tersebut mungkin belum begitu familiar di telinga.
ADVERTISEMENT
Motor kapcai merupakan salah satu jenis sepeda motor yang banyak digunakan. Hal ini karena mudah dan murah dalam perawatannya, serta memiliki bobot yang terbilang ringan dibandingkan jenis motor lainnya.
Lantas apa itu yang dimaksud dengan motor kapcai? Simak informasi detail mengenai motor kapcai pada uraian di bawah ini.

Apa Itu Motor Kapcai?

Produksi sepeda motor bebek Honda. Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)
Motor kapcai artinya sebutan yang digunakan untuk sepeda motor bebek. Penggunaan kata ini rupanya berasal dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.
Motor kapcai merujuk pada sepeda motor bebek dengan rentang kapasitas antara 50 cc hingga 150 cc.
Sepeda motor bebek sendiri merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor yang populer digunakan oleh banyak orang. Hal ini karena motor ini menawarkan sejumlah kelebihan, mulai dari hemat konsumsi bahan bakar hingga mudah dalam pengoperasiannya.
ADVERTISEMENT
Dalam sejarah dunia otomotif, motor kapcai atau motor bebek telah ada sejak lama.
Mengutip dari buku Ensiklopedia Transportasi Dunia (2012) karya Nuri Mentari Dini, sepeda motor pertama kali dikembangkan oleh Honda Motor Company pada tahun 1958. Sepeda motor bebek pertama ini dikenal dengan nama "Honda Cub/Honda C100/ Honda C50".
Tampilan yang menarik, mesin yang handal, mudah dirawat, dan harta yang bersaing, membuat motor bebek langsung digemari konsumen.
Dengan penjualan lebih dari 60 juta unit, sepeda motor ini menjadi sepeda motor dengan penjualan terbaik sepanjang sejarah. Kepopuleran sepeda motor bebek membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya meniru model ini.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi Motor Kapcai

Motor bebek termahal di Indonesia Honda Super Cub C125 versi 2021 mesin dan fitur baru. Foto: dok. AHM
Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa spesifikasi tertentu yang membedakan motor kapcai dengan sepeda motor matic dan lainnya.

1. Desain

Sepeda motor kapcai memiliki penempatan mesin menggantung di bawah rangka pipa besi. Berbeda dengan sepeda motor konvensional, sepeda motor bebek tidak memiliki tulang punggung rangka tempat tangki sepeda motor biasanya berada.

2. Sistem Transmisi

Motor kapcai memiliki sistem transmisi manual yang menggunakan gear atau pengoper gigi. Sehingga pengendara dapat mengatur perpindahan gigi sesuai dengan kondisi jalan tanpa menggunakan kopling.

3. Performa Mesin

Sepeda motor bebek memiliki torsi yang tinggi pada kecepatan rendah hingga menengah. Sehingga mudah dikendalikan sesuai dengan kondisi jalanan. Selain itu, dengan mesin yang sederhana dan irit bahan bakar membuat motor bebek lebih mudah dirawat dan tahan lama.
ADVERTISEMENT
(SA)