Apa Itu Spakbor Motor? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 15:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Spakbor depan Yamaha XSR155. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Spakbor depan Yamaha XSR155. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Spakbor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Bagian ini dipasang di belakang rangka luar roda bagian depan maupun belakang.
ADVERTISEMENT
Adanya spakbor pada sepeda motor berguna untuk mencegah cipratan air ataupun kotoran yang mengarah pengendara dan area mesin. Selain itu, fungsi spakbor yang lain adalah menunjang penampilan sepeda motor agar lebih bergaya.
Untuk mengetahui apa itu yang dimaksud dengan spakbor motor, simak pembahasan lengkapnya di ulasan berikut ini mengenai pengertian dan fungsinya.

Apa Itu Spakbor Motor?

Spakbor tambahan roda belakang Suzuki Avenis 125. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Spakbor pada sepeda motor berwujud berupa pelat dari bahan karet berkualitas yang dipasang di belakang rangka luar roda. Komponen ini terletak pada bagian depan dan belakang motor.
Adapun desain dari spakbor sendiri memiliki beragam jenis. Hal ini biasanya disesuaikan dengan gaya dan model setiap sepeda motor.
Spakbor motor memiliki peran untuk menghalangi cipratan air dan lumpur yang berasal dari roda belakang atau depan. Sehingga tidak mengenai pengendara maupun pengguna kendaraan lain di sekitar.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ia juga menahan kotoran yang mengarah ke area mesin supaya menjaga kinerjanya tetap optimal.

Fungsi Spakbor Motor

Ilustrasi fungsi spakbor motor. Foto: Unsplash
Pemasangan spakbor pada motor tidak hanya berguna untuk membuat penampilan kendaraan menjadi semakin menarik. Melainkan juga memiliki fungsi untuk keamanan dan keselamatan berkendara.
Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah fungsi dari komponen spakbor.

1. Melindungi Diri dan Pengendara Lain dari Cipratan Air

Saat berkendara, terutama pada kondisi jalan yang buruk, sepeda motor akan mencipratkan air, lumpur, dan kotoran yang yang berasal dari roda belakang atau depan.
Dengan adanya spakbor tersebut, tentu dapat menahan cipratan air yang dapat mengarah ke pengendara maupun pengguna jalan lain di sekitar motor.

2. Menunjang Penampilan Motor

Spakbor tidak hanya berguna secara fungsional, namun juga penting secara estetika. Pemasangan komponen ini akan membuat motor menjadi lebih menarik dilihat.
ADVERTISEMENT
Desain spakbor yang elegan dan sporty, dipadukan dengan warna yang serasi akan menambah nilai keindahan pada motor.

3. Mencegah Kerusakan Mesin

Fungsi lain dari komponen ini yakni sebagai pelindung komponen lain dalam mesin supaya tidak terkena kotoran atau lumpur. Jika area mesin kotor, hal tersebut akan mengganggu kinerja motor.

4. Menghindari Terkena Tilang

Spakbor harus dipasang pada setiap sepeda motor. Kendaraan yang kedapatan tidak melanggar ketentuan ini akan mendapatkan sanksi tilang dari polisi.
(SA)