Berapa Daya Listrik Rumah untuk Charge Mobil Listrik? Ini Ketentuannya

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 16:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi charge mobil listrik. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi charge mobil listrik. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengguna mobil listrik di Indonesia kini bisa isi daya baterai mobilnya dari rumah saja atau home charging. Lantas, berapa daya listrik rumah untuk charge mobil listrik?
ADVERTISEMENT
Merujuk situs resmi PT PLN (Persero), daya listrik minimum yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya mobil listrik di rumah bergantung pada spesifikasi kendaraan itu sendiri.
Namun, umumnya ada di angka 3.500 Volt Ampere (VA) untuk pengisian daya normal, dan 7.000 VA untuk fast charging. Jika kurang dari itu, Anda bisa tambah daya listrik rumah terlebih dahulu.

Cara Charge Mobil Listrik di Rumah

Ilustrasi charge mobil listrik. Foto: Pexels
Untuk melakukan pengisian daya mobil listrik di rumah, pastikan memiliki peralatan pengisian daya yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk charge mobil listrik di rumah:
ADVERTISEMENT
Untuk mengisi daya mobil listrik secara penuh, biasanya dibutuhkan waktu antara 4 hingga 8 jam jika menggunakan stasiun pengisian daya di rumah dengan daya sekitar 7 kW.
Namun, beberapa mobil listrik memiliki kemampuan untuk mengisi daya lebih cepat (fast charging), misalnya dengan kecepatan 50 kW atau lebih, yang memungkinkan waktu pengisian daya menjadi lebih singkat.
Meski begitu, kecepatan charge mobil listrik di rumah tetap bergantung pada kapasitas daya listrik yang tersedia di rumah Anda, kapasitas baterai mobil listrik, dan jenis peralatan pengisian daya yang digunakan.
(NDA)