Besaran Rasio kompresi Nmax dan Bensin yang Direkomendasikan

Konten dari Pengguna
22 Desember 2022 7:14
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rasio kompresi Nmax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Rasio kompresi Nmax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Salah satu bentuk perawatan kendaraan yang bisa Anda lakukan setiap hari adalah mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Sebagai salah satu motor matik premium yang cukup diminati, ini besaran rasio kompresi Nmax.
Dikutip dari laman moladin, Yamaha Nmax pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2015. Saat awal peluncurannya, motor skutik premium ini langsung menarik perhatian banyak masyarakat, bahkan membuat kompetitornya berkeringat.
Selain mengusung mesin 155 cc dengan teknologi modern VVA (Variable Valves Actuation), Yamaha Nmax juga menghadirkan beragam fitur dan teknologi terdepan saat itu.
Selain itu, Yamaha Nmax juga memiliki banderol yang murah (Rp 27,4 jutaan) dibandingkan kompetitornya, Honda PCX yang saat itu mencapai banderol Rp 40 jutaan. Ini merupakan hal wajar apabila mengingat PCX saat itu masih berstatus CBU.
Seiring berjalannya waktu, Yamaha Nmax selalu diberikan penyegaran sampai hadirnya generasi terbarunya pada tahun 2019/2020. Generasi terbaru ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur eksklusif milik Yamaha.
Bagi yang tertarik menggaet motornya baik untuk generasi lama maupun baru, ada baiknya Anda mengetahui besaran rasio kompresi mesinnya terlebih dahulu. Ini dapat membantu Anda dalam memberikan bahan bakar yang sesuai.

Rasio kompresi Nmax

Rasio kompresi Nmax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Rasio kompresi Nmax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setidaknya terdapat dua generasi Nmax di pasar otomotif Indonesia. Kedua generasi ini secara garis besar mengusung mesin yang sama, namun rasio kompresinya berbeda.
Adapun rasio kompresi Yamaha Nmax generasi pertama adalah 10,5:1 dan generasi terbarunya adalah 11,6:1. Berikut keterangan bahan bakar yang cocok sesuai rasio kompresi mesin kendaraan:
  • Nilai Oktan 88/RON 88 (Premium): 7-9:1.
  • Nilai Oktan 90/RON 90 (Pertalite): 9-10:1.
  • Nilai Oktan 92/RON 92 (Pertamax/Super/Per.92): 10-11:1.
  • Nilai Oktan 95/RON 95 (V-Power/Per.95): 11-12:1.
Apabila sesuai keterangan di atas, maka Yamaha Nmax generasi pertama dianjurkan untuk mengisi bahan bakar dengan nilai oktan 92, seperti Pertamax, Shell Super, maupun Performance 92.
Sedangkan Nmax generasi terbaru direkomendasikan mengisi bahan bakar dengan nilai oktan 95 seperti Shell V-Power atau Performance 95. Namun, tidak ada salahnya Anda mengisinya dengan bahan bakar RON 92, hanya saja jangan mengisinya dengan Pertalite (RON 90).
Sebab, pengisian bahan bakar yang tidak sesuai rasio kompresi bisa membuat mesin mengelitik alias knocking. Ini dapat membuat ruang pembakaran menjadi kotor yang akan berdampak pada performa mesin.
Demikian informasi seputar rasio kompresi Nmax sesuai generasinya. Dengan mengetahui informasi ini, Anda diharapkan sudah mengisi BBM sesuai anjuran pabrikan sepeda motor. Semoga bermanfaat.
(AA)
Kapan Yamaha Nmax diperkenalkan pertama kali?
chevron-down
Kapan Yamaha Nmax generasi kedua diluncurkan?
chevron-down
Apa bahan bakar yang cocok untuk Nmax generasi pertama?
chevron-down