Biaya Mutasi Motor Antarprovinsi 2024 dan Prosedurnya

Konten dari Pengguna
8 Juli 2024 13:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi biaya mutasi motor antarprovinsi. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi biaya mutasi motor antarprovinsi. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemilik motor perlu melakukan mutasi kendaraan jika berpindah domisili atau daerah tempat tinggal. Proses ini dibutuhkan untuk memudahkan pemilik saat membayar pajak ataupun mengurus administrasi kendaraan lainnya.
ADVERTISEMENT
Mutasi kendaraan dilakukan dengan untuk mengganti data pada dokumen kendaraan agar disesuaikan dengan alamat baru pemilik.
Selain itu, dalam mengurus mutasi motor, pemilik juga harus menyiapkan sejumlah biaya dan dokumen persyaratan agar proses berjalan dengan lancar. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Biaya Mutasi Motor Antarprovinsi 2024

Ilustrasi cabut berkas di Smasat. Foto: Aprilandika Pratama/kumparanOTO
Pemilik motor yang ingin mengurus mutasi antarprovinsi perlu menyiapkan biaya mutasi keluar dan mutasi masuk. Komponen-komponen yang harus dibayarkan antara lain sebagai berikut.

Biaya Mutasi Keluar

Mengutip dari laman Samsat Sleman, berikut ini adalah komponen yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan saat mutasi masuk kendaraan.
Ketentuan besaran biaya mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).
ADVERTISEMENT

Biaya Mutasi Masuk

Selain biaya mutasi keluar, pemilik motor juga dikenakan biaya masuk. Biaya tersebut mencakup penerbitan STNK, BPKB dan TNKB yang sesuai dengan alamat kepemilikan yang baru.
ADVERTISEMENT

Syarat dan Prosedur Mutasi Motor Antarprovinsi

Ilustrasi syarat mutasi motor antarprovinsi. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dalam melakukan proses mutasi kendaraan ke luar daerah, pemilik motor perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Berkas persyaratan yang harus dilengkapi antara lain:
Setelah semua persyaratan lengkap, pemilik motor dapat mengunjungi kantor Samsat asal kendaraan untuk melakukan mutasi keluar terlebih dahulu. Adapun alur mutasi motor yang harus dilakukan sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
(SA)