Cara Hemat Bensin Mobil Matic yang Bisa Diterapkan

Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 14:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara hemat bensin mobil matic. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara hemat bensin mobil matic. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berkendara dengan mobil matic terbilang nyaman dan mudah. Pasalnya pengemudi tidak perlu memindahkan gigi mobil secara manual saat berkendara.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, terdapat kekhawatiran lain yang mana mobil matic cenderung kurang irit bahan bakar dibandingkan mobil manual. Hal ini karena mesin bekerja sedikit lebih keras dan menggunakan lebih banyak bensin untuk menyalurkan tenaga melalui transmisi otomatis.
Namun pengguna mobil matic dapat melakukan sejumlah cara untuk menghemat konsumsi bensin, sekaligus menjaga performa tetap optimal.

Cara Hemat Bensin Mobil Matic

Ilustrasi cara hemat bensin mobil matic. Foto: Unsplash
Dalam upaya penghematan bahan bakar pada mobil matic, pengemudi dapat menerapkan sejumlah cara. Tindakan tersebut mencakup pengecekan komponen hingga memperhatikan gaya mengemudi.
Berikut penjelasan selengkapnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan Tekanan Ban Mobil

Tekanan angin pada ban menjadi salah satu faktor penentu terhadap besar tidaknya konsumsi bahan bakar pada mobil. Jika ban kempes atau tidak memenuhi standar, hal ini dapat meningkatkan hambatan glinding.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini berarti mobil harus menggunakan lebih banyak energi agar dapat terus melaju. Beban mobil yang lebih berat akan meningkatkan asupan bahan bakar.
Pastikan untuk memeriksa dan mengatur tekanan ban yang tepat untuk mobil. Selain itu, lakukan penyelarasan roda secara teratur juga akan memastikan berkendara lebih aman dan efisien.

2. Jaga Kecepatan Tetap Konstan

Saat mengendarai mobil matic, cara menghemat bensin adalah dengan menjaga kecepatan tetap konstan.
Hal ini dapat dilakukan dengan menginjak pegal gas secara bertahap, bukan dengan gerakan tiba-tiba dan tersentak-sentak. Kebiasaan mengemudi dengan berakselerasi secara tiba-tiba hanya akan membuat bensin lebih boros.

3. Hindari Mengerem Secara Agresif

Untuk mengurangi pemborosan bahan bakar, hindari melakukan pengereman yang agresif. Terlalu sering menekan rem, membuat mobil mengalami hambatan terus-menerus yang menyebabkan banyak gesekan yang tidak perlu.
ADVERTISEMENT
Pada akhirnya banyak bahan bakar yang hilang. Selain itu, mengerem dengan agresif juga dapat mengurangi kualitas rem mobil.

4. Gunakan Fitur Cruise Control

Jika mengendarai mobil matic, pengemudi dapat memanfaatkan fitur cruise control untuk menjaga kecepatan tetap konstan. Teknologi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin stabil tanpa perlu menginjak pedal gas.
Sistem kontrol kecepatan otomatis yang dirancang untuk keselamatan dan efisiensi bahan bakar yang maksimum pada mobil matic.

5. Lakukan Servis Mobil Rutin

Pengguna mobil matic tidak boleh melewatkan perawatan berkala pada komponen-komponen kendaraan. Servis rutin pada mobil berguna untuk memastikan mobil memiliki performa terbaik dan optimal.
Ketika mobil berjalan pada tingkat optimal, hal ini dapat menjamin efisiensi bahan bakar dan pada gilirannya, pemilik mobil dapat menghemat bahan bakar.
ADVERTISEMENT

6. Hindari Membawa Muatan Berlebihan

Meskipun tampak sepele, namun membawa kelebihan muatan pada mobil dapat berdampak pada peningkatkan konsumsi bahan bakar.
Beban tambahan pada mobil membuat kendaraan membutuhkan lebih banyak tenaga dan bahan bakar untuk membawa mobil melaju. Oleh karena itu, pastikan turunkan barang-barang yang tidak perlu yang ada di mobil saat mengemudi.
(SA)