Konten dari Pengguna

Cara Jumper Aki Mobil yang Benar agar Berfungsi Kembali

17 April 2024 14:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Setrum Aki Mobil Foto: Tookapic/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Setrum Aki Mobil Foto: Tookapic/Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jumper aki mobil dapat dilakukan untuk mengatasi aki yang lemah atau soak. Prinsip kerjanya yaitu dengan cara mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah.
ADVERTISEMENT
Dengan metode ini, diharapkan dapat memancing aki yang lemah agar bisa bekerja kembali seperti seharusnya. Untuk melakukan jumper mobil, aki yang digunakan sebagai donor harus berasal dari mobil sejenis yang memiliki nilai voltase yang sama.
Untuk mengetahui cara jumper aki mobil yang tepat, simak terus uraian di bawah ini supaya mendapatkan penjelasan selengkapnya.

Cara Jumper Aki Mobil

Ilustrasi jumper aki mobil. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Terdapat beberapa cara untuk melakukan jumper pada aki mobil. Merujuk informasi yang dihimpun dari laman Mitsubishi Motors dan sumber lainnya, berikut adalah langkah pengerjaannya.

1. Persiapan Awal

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan seluruh peralatan yang diperlukan. Alat-alat untuk jumper aki di antaranya kabel jumper dan aki dari kendaraan lain yang masih baik.
Kemudian atur posisi kedua kendaraan. Posisikan kedua kendaraan dalam jarak yang berdekatan agar kabel jumper dapat menjangkau dengan mudah dan pastikan mesin mobil dalam keadaan mati.
ADVERTISEMENT
Selain itu, atur mobil dalam kondisi aman dengan rem parkir aktif. Untuk mobil dengan transmisi otomatis, posisikan tuas transmisi di ‘P’ sementara untuk transmisi manual di posisi netral.

2. Menghubungkan Kabel Jumper

Berikutnya, hubungan kabel jumper dari aki kendaraan lain yang ke aki mobil yang lemah secara hati-hati. Perhatikan dengan teliti posisi kutub terminal positif yang ditandai dengan simb0l (+) dan kutub negatif dengan simbol (-) dari kedua aki tersebut.
Hubungkan kutub terminal positif dengan kutub terminal positif terlebih dalu. Kemudian, barulah menyambungkan kutub terminal negatif dengan kutub terminal negatif.

3. Menyalakan Mobil

Setelah semua kabel jumper telah terpasang dengan sempurna, hidupkan mesin mobil yang berfungsi sebagai sumber daya jumper. Biarkan mesin menyala selama beberapa menit untuk mengisi aki yang lemah atau soak.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, cobalah hidupkan mobil yang membutuhkan jumper. Diamkan selama beberapa saat hingga arus listrik dari aki donor mencapai aki soak.
Apabila mobil dengan aki bisa dihidupkan kembali, jumper aki mobil bisa diakhiri.

4. Melepas Kabel Jumper

Setelah mobil yang membutuhkan jumper menyala, lepaskan kabel jumper secara perlahan.
Lakukan dengan urutan terbalik dari saat pemasangan, yaitu mulailah dengan melepaskan kabel kutub negatif yang terhubung di mobil dengan aki lemah. Kemudian lepaskan kabel kutub negatif yang terpasang di mobil donor.
Setelah semua kabel negatif terlepas, lepaskan kabel kutub positif dari aki rusak, lalu lepaskan kabel kutub positif aki donor.
Demikian adalah beberapa langkah petunjuk cara jumper aki mobil agar dapat berfungsi kembali.
(SA)