Otomotif
·
22 Juli 2021 5:36
·
waktu baca 2 menit

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Super Mudah

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Super Mudah (25890)
searchPerbesar
Ilustrasi kaca mobil yang kotor. Foto: dok. Istimewa
Sama seperti body mobil, kebersihan kaca mobil pun sangatlah penting. Jika kotor dan tidak cepat dibersihkan, bisa mengakibatkan timbulnya jamur.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma alasan kesehatan, keberadaan jamur di kaca mobil tentunya bisa membahayakan keselamatan. Sebab, kaca mobil yang kotor berpotensi mengganggu visibilitas Anda saat sedang mengemudi.
Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Herli Barlian kepada KumparanOTO mengatakan, apabila bagian kaca mobil terkena air hujan, sebaiknya segera cuci dan bilas dengan air baru. Herli juga mengingatkan bahwa para pemilik mobil sesegera mungkin mengelap bagian kaca yang disiram tersebut dengan kain lap yang bersih.
"Jangan biarkan bercak air menempel dan kering dengan sendirinya pada kendaraan," jelas Herli kepada KumparanOTO.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Karena keberadaan jamur pada kaca mobil dapat membahayakan pengemudi, maka perawatan dan pembersihan rutin pada kaca mobil Anda perlu dilakukan.
ADVERTISEMENT
"Jika kaca mobil terlanjur berjamur, lap kaca menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas bersih. Ulangi proses tersebut hingga kaca mobil benar-benar bersih dari jamur," papar Herli.
Sebelum mengaplikasikan hal itu, jangan lupa pastikan juga kaca mobil sudah dalam keadaan bersih dari debu.

Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur

Setelah mengetahui bagaimana cara menghilangkan jamur pada kaca mobil ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya jamur pada kaca mobil ini. Berikut penulis sajikan informasinya.

1. Langsung cuci seusai terkena hujan

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Super Mudah (25891)
searchPerbesar
Ilustrasi cuci mobil sendiri. Foto: dok. myfirstuk
Yang pertama pastikan Anda rajin mencuci mobil, terutama setelah dipakai dan kehujanan. Anda harus melakukan pencucian mobil sehabis hujan sesegera mugkin untuk menghindari kerak air menempel terlalu lama yang bisa menyebabkan bekasnya semakin susah dibersihkan.
ADVERTISEMENT

2. Cek kondisi wiper

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Super Mudah (25892)
searchPerbesar
Ilustrasi wiper mobil. Foto: dok. Istimewa
Selain harus rajin mencuci mobil apabila habis terkena hujan, jangan lupa untuk segera mengecek kondisi karet wiper. Karet wiper yang sudah tidak layak atau mengeras akan membuat sapuan air saat hujan pada kaca mobil menjadi tidak bersih. Hal itu yang membuat air hujan menjadi menempel terlalu lama pada bagian kaca.

3. Hindari mencampur air wiper dengan sampo

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Super Mudah (25893)
searchPerbesar
Ilustrasi cairan wiper Foto: dok. Istimewa
Sekedar mengingatkan, sebaiknya Anda tidak mencampur air yang ada pada tabung reservoir wiper dengan sampo atau sabun mobil. Penggunaan sampo yang menghasilkan busa justru dapat menjadi pemicu awal tumbuhnya jamur pada kaca mobil.

4. Hindari sembarang menggunakan cairan pembersih jamur

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Super Mudah (25894)
searchPerbesar
Ilustrasi memoles bodi mobil Foto: Istimewa
Yang terakhir, jangan sekali-kali asal memilih cairan pembersih jamur untuk kaca mobil. Dalam memilih cairan pembersih jamur kaca mobil, disarankan Anda menggunakan cairan yang mengandung zat alkohol dan zat-zat amoniak, seperti aseton.
ADVERTISEMENT
Sebab, penggunaan cairan pembersih jamur kaca yang tak sesuai, apalagi bila kualitasnya buruk, justru bisa semakin memperparah kondisi jamur. Parahnya, pembersih jamur yang tidak sesuai bisa mengikis lapisan dan kekuatan dari kaca mobil.
Itulah cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat.
(HDZ)