Fungsi Filter Bensin dalam Sistem Bahan Bakar Mobil

Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 12:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi filter bensin. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi filter bensin. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Filter bensin merupakan bagian penting dalam sistem bahan bakar kendaraan. Komponen ini berperan untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang masuk ke dalam mesin.
ADVERTISEMENT
Pasalnya bahan bakar yang tidak bersih dapat mengakibatkan mesin rusak dan mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan. Oleh karena itu, filter bahan bakar diperlukan untuk menghilangkan partikel yang tidak diinginkan tersebut dari bensin.
Pada uraian berikut dijabarkan lebih lanjut mengenai apa itu filter bensin dan fungsinya pada kendaraan.

Apa Itu Filter Bensin?

Mesin Toyota Avanza Generasi Ketiga. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Filter bensin terdapat di hampir setiap mesin pembakaran internal. Komponen ini terletak di bawah mobil, di antara tangki dan pompa bahan bakar.
Dikutip dari buku Sistem Bahan Bakar Mesin Otomotif (2019) karya Adi Pratama Putra dan Ikhwanul Qiram, bagian ini bertugas untuk menyaring kotoran atau air yang mungkin terdapat di dalam bensin.
Elemen saringan terdapat di dalam rumah saringan yang bisa menurunkan kecepatan aliran bahan bakar. Akibatnya, air dan partikel kotoran yang lebih berat dari bensin mengendap ke bawah, sedangkan partikel kotoran yang lebih ringan disaring oleh elemen.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan sistem bahan bakar setidaknya mempunyai dua filter:
Seiring waktu, filter bahan bakar dapat kotor dan mengalami penyumbatan. Oleh karena itu, perawatan pada filter penting untuk menjaga kesehatan dan performa mobil.

Fungsi Filter Bensin

Ilustrasi fungsi filter bensin. Foto: Pexels
Keberadaan filter bensin memainkan peran yang besar dalam sistem bahan bakar kendaraan. Merangkum dari berbagai sumber, fungsi filter bensin antara lain:

1. Menyaring Kotoran

Salah satu fungsi utama filter adalah menyaring kotoran dan partikel kecil yang akan masuk ke sistem pembakaran mesin.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya filter bensin, komponen ini menghalangi elemen yang berbahaya supaya tidak mencapai mesin. Sehingga pada gilirannya dapat mencegah kerusakan komponen mesin, seperti injektor bahan bakar dan katup.

2. Menyaring Air dalam Bahan Bakar

Selain menyaring kotoran dan partikel kecil, filter bensin juga berfungsi mencegah air masuk ke mesin.
Air pada bahan bakar dapat menjadi masalah serius karena dapat merusak sistem bahan bakar dan menimbulkan korosi. Filter tersebut dapat menangkap air dalam bahan bakar dan mencegah air masuk ke sistem pembakaran.

3. Mengurangi Kecepatan Aliran Bahan Bakar

Filter bensin juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengurangi laju aliran bahan bakar. Hal ini membantu menjaga tekanan bahan bakar konstan dalam sistem bahan bakar yang diperlukan, supaya terjadi pembakaran yang sempurna.
(SA)