Harga Mobil Fortuner Bekas, Ini Bocorannya

Konten dari Pengguna
4 Oktober 2021 12:46
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Harga Mobil Fortuner Bekas, Ini Bocorannya (282287)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Fortuner bekas Rp 120 juta Foto: dok. WTCM2
ADVERTISEMENT
Harga mobil Fortuner bekas sangat dicari informasinya. Hal ini dikarenakan Toyota Fortuner adalah salah satu SUV yang banyak peminatnya.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah Toyota Fortuner bekas generasi kedua, yang lahir pada 2016 lalu. Harganya kini mulai Rp 300 jutaan dan siap dipinang bagi siapa pun yang mengincarnya. Penawaran ini bisa menghemat Rp 100 hingga Rp 200 juta ketimbang versi anyarnya.

Kisaran Harga Mobil Fortuner Bekas

Tapi ternyata ada Fortuner bekas dengan harga lebih terjangkau lagi. Malahan harganya setara mobil LCGC baru! Ya, mengacu platform jual beli mobil bekas Garasi.id, SUV ladder frame ditawarkan mulai dari Rp 130 jutaan.
Harga Mobil Fortuner Bekas, Ini Bocorannya (282288)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Fortuner bekas. dok. Garasi.id
Salah satu penjual menjualnya dengan harga Rp 138 juta lansiran 2005, yang merupakan generasi pertama. Kondisinya terbilang baik, jarak tempuh mobil 275 ribu km, bertransmisi otomatis dan mesin bermesin bensin 2.700 cc.
ADVERTISEMENT
Di atas kertas mesin badak itu menjanjikan tenaga 158 dk dan torsi 241 Nm. Selebihnya penjual menjamin mobil bukan bekas tabrakan dan punya kelengkapan dokumen, alias siap jalan.
Fortuner pada generasi ini belum pakai lampu LED, ditambah lampu kabut masih halogen biasa pada bumper bawah. Pun lampu belakang juga masih pakai bohlam.
Namun demikian dari segi tampilan terlihat lebih gagah dan revolusioner, ibaratnya masih cocok dimiliki pada 2021 ini. Mobil memiliki kelengkapan step bar, roof rail, serta spoiler belakang.
Soal kaki-kaki, khususnya velg pakai ring 16 inci, sedangkan 17 inci untuk varian TRD Sportivo. Kemudian interiornya, memiliki sistem audio yang bentuknya menyatu dengan dashboard dan pengaturan AC sudah digital.
Oh iya mengenai fitur sudah tersemat dual SRS airbags, pengereman ABS, dan sensor parkir belakang.
Harga Mobil Fortuner Bekas, Ini Bocorannya (282289)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Fortuner bekas. dok. Garasi.id
Mau yang bermesin Diesel? Tenang, tinggal siapkan dana sedikit lebih banyak. Salah satu penjual menyediakan Fortuner Diesel tahun 2005 dengan harga Rp 150 juta. Kondisinya juga baik, jarak tempuh 100 ribu km, juga bertransmisi otomatis.
ADVERTISEMENT
Sekilas spesifikasinya berupa mesin Diesel dengan turbo commonrail injection 2.500 cc. Tenaganya 118 dk dan torsi 325 Nm. Mesin tersebut belum disematkan variable nozzle turbo atau VNT.
Harga Mobil Fortuner Bekas, Ini Bocorannya (282290)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Fortuner bekas. dok. Garasi.id
Selebihnya Anda bisa mendapatkan mobil bekas berupa Toyota Fortuner terjangkau lainnya dengan banderol Rp 155 hingga Rp 175 jutaan lain. Semuanya merupakan versi generasi pertama sampai yang paling muda lansiran 2010.
Tips Membeli mobil bekas
Dikutip dari kumparanOTO, setidaknya ada 4 hal yang harus Anda soroti ketika berencana membeli mobil bekas. Berikut ini adalah penjelasan tips memilih mobil bekas:
1. Mengecek Kelengkapan Surat
Hal pertama yang harus dipastikan adalah apakah surat-surat kendaraan lengkap. Ini untuk menghindari berurusan dengan polisi jika ada surat yang ternyata tidak lengkap.
ADVERTISEMENT
Surat-surat yang harus dicek kelengkapannya adalah STNK dan BPKB dari mobil yang hendak Anda beli.
Tidak hanya mengecek kelengkapannya, Anda juga harus mengecek apakah dokumen tersebut asli.Untuk mengecek keasliannya, Anda bisa mengecek keaslian surat-surat ke Kantor Samsat terdekat.
Menurut penjual mobil bekas PT Dwi Jaya Motor, Dwi Yusputra, calon pembeli hendaknya meminta penjual untuk mengecek fisik kendaraan di Samsat. “Kalau kendaraan itu resmi, penjual tidak akan takut untuk cek fisik,” kata Dwi.
Jika penjual keberatan, sebaiknya Anda mengurungkan niat membeli mobil tersebut dan mencari penjual lain yang lebih kredibel. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti berurusan dengan hukum.
2.Mengecek Performa Mesin
Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah performa mesinnya. Mesin merupakan komponen yang sangat penting sehingga Anda harus teliti memperhatikannya.
ADVERTISEMENT
Technical Support Auto2000, Agus Mustafa menuturkan, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui performa mesin. Menurutnya, kondisi mesin dalam keadaan baik atau tidak dapat dibedakan dari suara mesinnya.
Mesin dalam kondisi baik akan menghasilkan suara yang halus. Sebaliknya, jika mesin tidak dalam kondisi baik maka suara mesinnya akan terdengar lebih kasar.
Agus menambahkan, calon pembeli juga bisa melakukan test drive untuk mengetes performa mesin.
Anda juga disarankan mengajak teman atau kerabat yang memahami soal mesin, agar mendapat masukan dan referensi dari mereka yang lebih memahami mesin.
3. Melihat Sejarah Pemakaian
Menurut President Director mobil88, Halomoan Fischer, tempat penjualan mobil bekas yang terpercaya dapat membantu Anda mengetahui informasi mengenai sejarah pemakaian mobil.
ADVERTISEMENT
Ini penting dilakukan agar calon pembeli dapat mengetahui secara intens track record dari pemilik mobil sebelumnya.
Informasi ini meliputi apakah mobil tersebut didaftarkan ke asuransi atau pemilik sebelumnya melakukan service secara rutin atau tidak. Anda bisa meminta bukti service yang pernah dilakukan pemilik sebelumnya untuk lebih meyakinkan Anda.
4. Melihat Tampilan Eksterior
Terakhir, masalah eksterior juga perlu diperhatikan. Persoalan ini bisa dibilang mudah dilihat sebab Anda dapat mencermati tampilan eksteriornya.
Namun, Fischer mengatakan, tempat-tempat penjualan mobil bekas yang terpercaya biasanya sudah memperbaiki masalah eksterior dari pemilik sebelumnya.
“Biasanya pihak kami sudah memperbaiki mobil yang akan dijual, sesuai standar yang ada. Secara keseluruhan tidak hanya tampilan yang kami benahi,” ujar Fischer.
ADVERTISEMENT
Nah, setelah mengetahui tips-tips di atas, Anda bisa lebih berhati-hati dan memperhatikan hal-hal penting dari mobil bekas yang ingin dibeli. Meskipun dibanderol harga yang murah, Anda sebaiknya tidak tergiur begitu saja tanpa memperhatikan kondisinya.
(HDZ)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020