Otomotif
·
3 Juni 2021 21:22
·
waktu baca 3 menit

Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri (408942)
searchPerbesar
Wuling Mini EV. (Foto: dok. Wuling)
Mobil-mobil listrik yang saat ini dijual di Indonesia memiliki harga yang cukup tinggi. Mobil listrik dijual dari harga 500 jutaan bahkan sampai miliaran.
ADVERTISEMENT
Mobil listrik sebenarnya juga bisa memiliki harga murah layaknya mobil yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya.
Namun sayangnya, mobil listrik dengan harga murah tersebut belum dijual di Indonesia Beberapa mobil listrik tersebut hanya bisa ditemukan di luar negeri.

Mobil Listrik Murah Seharga Mobil Biasa

Tercatat ada 5 mobil listrik di luar negeri dengan harga yang relatif murah. Berikut ini kelimanya dikutip dari kumparanOTO:
1. Wuling Hongguang Mini EV
Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri (408943)
searchPerbesar
Wuling Hongguang Mini EV. (Foto: dok. Wuling)
Pertama adalah mobil listrik keluaran merek Wuling, yaitu Hongguang Mini EV. Disebut juga Wuling Mini EV, tingkat permintaan mobil ini membludak pada pertengahan 2020 tahun lalu.
Ini dikarenakan harga mobil listrik mungil ini cukup murah. Jika dirupiahkan, Mini EV ini punya banderol dari Rp 61,5 juta hingga Rp 82,8 jutaan.
ADVERTISEMENT
Wuling Mini EV dengan bodi kecilnya memiliki kapasitas 4 penumpang. Harganya yang murah membuatnya diminati pembeli du beberapa kota besar.
Wuling Mini EV memiliki mesin yang dibekali motor listrik bertenaga 27 dk dengan daya baterai kapasitas 13,8 kWh. Mobil listrik ini mampu mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam dan jarak tempuh 170 km jika baterai terisi penuh.
2. Dacia Spring
Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri (408944)
searchPerbesar
Pengisian daya listrik Dacia Spring. (Foto: dok. Renault)
Berikutnya adalah Dacia Spring yang juga dikenal Renault Kwid. Di Hungaria, mobil listrik ini dihargai sekitar Rp 185 juta,
Kemiripannya dengan Renault Kwid terlihat pada desain eksteriornya. Namun, Dacia Spring memiliki grille yang tidak berlubang dan diganti dengan tempat colokan baterai.
Soal kapasitas, Dacia Spring muat sampai 5 orang penumpang. Tenaganya sendiri adalah 44 dk yang berasal dari motor listrik dengan baterai 26,8 kWh. Mobil listrik ini punya kecepatan maksimum hingga 125 km/jam.
ADVERTISEMENT
3. Kandi K27
Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri (408945)
searchPerbesar
Kandi K27. (Foto: dok. insideevs)
Selanjutnya di nomor tiga ada Kandi K27 yang berasal dari Tiongkok. Di California, mobil listrik ini dijual seharga Rp 115 jutaan.
Kandi K27 memiliki desain eksterior yang mengusung konsep city car. Mobil ini tampak mirip seperti Morris Mini Klasik, bedanya dengan 5 pintu.
Berbicara mesin, Kandi K27 didukung motor listrik dengan baterai kapasitas 17,6 kWh. Tenaga yang diberikan adalah 60 dk, dengan kecepatan maksimum 101 km/jam.
Sementara jarak tempuh maksimal pada ketika mengisi daya baterainya adalah 95 km.
4. Chery eQ1
Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri (408946)
searchPerbesar
Tampak depan Chery eQ1. (Foto: Evcompare.io)
Masih dari pabrikan Tiongkok, ada Chery eQ1. Di situs resmi pabrikannya, Chery eQ1 dihargai sekita Rp 142,5 jutaan.
Kapasitasnya sendiri adalah 4 orang penumpang. Di bagian dalam, ada monitor layar sentuh yang terletak di bagian dashboard.
ADVERTISEMENT
Seperti mobil listrik lainnya, Chery eQ1 juga dibekali motor listrik dengan baterai kapasitas 38 kWh. Tenaga yang dihasilkan dari motor listirk itu adalah sebesar 41 dk.
Jika baterai terisi penuh, mobil listrik ini mampu melaju hingga 301 km dan kecepatan maksimum 100 k/jam.
5. Great Wall Motor Ora R1
Ini Deretan Mobil Listrik Murah yang Hanya Dijual di Luar Negeri (408947)
searchPerbesar
Great Wall Motor Ora R1. (Foto: dok. GWM)
Terakhir, ada mobil listrik yang juga berasal dari pabrikan di Tiongkok. Ada Great Wall Motor yang memiliki mobil listrik Ora R1.
Mobil berkonsep city car ini cocok digunakan di perkotaan dengan ukuran bodi yang kecil. Desain eksteriornya pun mengusung tema retro.
Soal mesin, GWM Ora R1 didukung motor listrik dan baterai kapasitas 33 kWh. Perpaduan itu memberikan tenaga sebesar 47 dk.
ADVERTISEMENT
Sekali isi baterai sampai penuh, Ora R1 dapat menjelajah hingga 310 km dan kecepatan maksimum 102 km/jam.
Nah, 5 mobil di atas adalah contoh mobil listrik dengan harga murah. Sayangnya, mobil ini belum dirilis di Indonesia (RAS)