Otomotif
·
31 Juli 2021 7:34
·
waktu baca 3 menit

Jenis Jenis Mobil yang Laris di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Jenis Jenis Mobil yang Laris di Indonesia (144070)
searchPerbesar
Ilustrasi mobil Toyota Calya. (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Mobil adalah kendaraan roda empat yang menjadi kendaraan favorit bagi semua orang di dunia dikarenakan bisa memuat banyak penumpang. Perlu diketahui, Pada awal kemunculan jenis mobil hanya satu, namun saat ini sudah banyak jenis-jenis yang lainnya. Hal ini karena pengguna mobil yang terus meningkat di setiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
Di Dunia salah satunya di Tanah Air, setidaknya ada 8 jenis mobil yang sering dipilih oleh orang-orang. Dari mulai mobil dengan body yang kecil hingga yang besar. Lantas apa sajakah itu?
Jenis Jenis Mobil yang Laris di Indonesia (144071)
searchPerbesar
Toyota Raize. (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

Jenis Jenis Mobil yang Ada Di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat 8 jenis mobil yang ada di Indonesia. Dikutip dari suzuki.co.id berikut jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia berserta penjelasannya.

1. Mobil Sport

Yang pertama ini adalah jenis mobil impian semua orang, yaitu mobil sport. Karena mobil ini harganya fantastis.
Mobil jenis ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan untuk orang-orang yang memiliki uang lebih. Mobil ini memiliki spesifikasi, desain, dan fitur yang serba mewah dan tidak terdapat pada versi mobil lainnya, apalagi kategori mobil biasa.
ADVERTISEMENT
Bentuk dari mobil ini biasanya menyerupai sedan, akan tetapi desainnya lebih sporty. Pengendalian yang sempurna dan tenaga yang besar menjadi syarat utama mobil ini. Tentu ini merupakan tawaran menarik bagi pengguna sehingga tidak heran banyak yang mengincar kategori mobil tersebut.

2. Mobil SUV

Selanjutnya mobil ini merupakan jenis mobil terbaru yang tidak kalah populer dengan mobil MPV. Desain pada mobil ini memadukan mobil jeep dan mobil sedan. Anda bisa menggunakan mobil ini di medan apa saja.
Pada umumnya, SUV lebih mengutamakan torsi yang besar, selain fleksibilitasnya yang bisa digunakan di segala medan jalan. Tongkrongannya yang gagah membuat mobil ini digemari banyak orang.

3. Mobil Convertible

Selanjutnya untuk mobil ini merupakan mobil yang hadir dengan bodi kecil dan atap yang terbuka. Ada juga tipe mobil convertible yang atapnya dapat dibuat tertutup maupun terbuka. Tipe tersebut lebih dikenal sebagai mobil Convertible Soft Top dan Convertible Hard.
ADVERTISEMENT
Istilah convertible sendiri sebetulnya sering digunakan di Amerika dan cabriolet serta oleh manufaktur Eropa. Inti dari istilah-istilah tersebut adalah mobil dengan atap terbuka. Sejauh ini ada banyak para pecinta mobil jenis ini dengan karakteristik menariknya tersebut.

4. Mobil Coupe

Selanjutnya Coupe ini berasal dari kata couple yang memiliki arti dua atau sepasang. Jenis mobil coupe ini merupakan tipe kendaraan yang ukurannya kecil dengan jumlah pintu yang terbatas dan jok penumpangnya hanya ada dua. Dengan begitu, pintunya juga hanya ada dua, di sisi samping mobil.
Umumnya mobil ini mempunyai desain atap yang lebih mengarah ke belakang. Harganya juga tidak tanggung-tanggung, sama seperti harga sport car. Sejauh ini sudah banyak kategori mobil tersebut yang sudah beredar di pasaran dan bisa ditemukan dengan mudah.
ADVERTISEMENT

5. Mobil Hatchback

Hatchback ini merupakan sebuah mobil turunan yang bagian bagasinya ditiadakan dan bagian belakangnya dibentuk seperti MPV. Hal ini membuat bagasinya dilengkapi dengan kabin. Kapasitas mobil ini maksimum lima penumpang, sehingga sangat cocok digunakan saat bersama keluarga.
Kelebihan dari mobil sedan jenis ini adalah, lebih lincah saat di perkotaan sebab mempunyai dimensi yang lebih pendek. Hatchback tetap memberi suasana kabin sedan yang nyaman saat digunakan. Beberapa jenis-jenis mobil hatchback di antaranya adalah small, medium, dan Luxury hatchback.

6. Mobil Station Wagon

Selanjutnya mobil Station Wagon ini adalah mobil yang mempunyai kargo yang luas dan desain atap yang panjang pada bagian belakang mobil. Jenis mobil ini mempunyai lima pintu. Akan tetapi, mobil ini tidak terlalu banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pada beberapa negara, mobil station wagon umum disebut estate. Di Jerman, mobil ini disebut kombi dan di Prancis disebut Break.

7. Mobil Sedan

Yang ketujuh ada Sedan. Merupakan kategori mobil perkotaan yang mengutamakan kenyamanan, tapi punya performa yang lumayan besar untuk dipacu pada kecepatan tinggi. Umumnya, mobil ini dipakai oleh kalangan menengah ke atas, sebab harganya yang cukup mahal.
Dengan kapasitas yang dapat menampung lima penumpang dan bagasi khusus di bagian belakang harga termurah mobil ini sekitar 300 juta rupiah. Sedan terbagi dalam beberapa jenis. Beberapa segmen tersebut adalah Medium Sedan, Luxury Sedan, dan Mini Sedan.

8. Mobil Of Road

Jenis mobil yang terakhir ini merupakan salah satu kendaraan yang mempunyai penggerak empat roda. Desain mobil ini pada umumnya cukup tinggi. Jadi, bagi Anda yang sering melewati kondisi jalan yang rusak, sangat cocok menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Desain yang diterapkan pada mobil ini memang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melintasi daerah dengan kondisi jalan yang tidak rata. Di kawasan tersebut, tentu saja saat dikendarai mobil akan memberikan kenyamanan tersendiri dibandingkan dengan mobil biasa.
(HDZ)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020