Kenapa Mobil Tidak Bisa Hidup? Ini 6 Penyebabnya

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 15:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mencari penyebab mobil tidak bisa hidup. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencari penyebab mobil tidak bisa hidup. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mobil tidak bisa hidup ketika distarter merupakan masalah yang bisa terjadi kapan saja. Lalu, kenapa mobil tidak bisa hidup? Penyebab masalah ini sejatinya sangatlah beragam, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
Jika mobil Anda mengalami masalah berupa tidak bisa hidup ketika di-starter, simak terus uraian ini untuk mengetahui hal-hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup

Ilustrasi memperbaiki mobil yang tidak bisa hidup. Foto: Pexels
Dikutip dari situs GT Automotive, penyebab mobil tidak bisa hidup disebabkan karena beberapa komponen mesin kendaraan tidak bekerja dengan optimal. Apa saja?

1. Baterai Lemah

Baterai yang lemah menjadi penyebab paling umum dari masalah ini. Baterai lemah bisa menyebabkan starter tidak berfungsi dengan baik karena baterai sudah tidak memiliki daya yang cukup untuk menyalakan mesin. Baterai yang lemah juga bisa disebabkan oleh usia yang sudah tua atau adanya permasalahan dengan konektor.

2. Saklar Pengapian Rusak

Saklar pengapian yang rusak tidak akan dapat menyuplai daya ke motor starter, sistem pengapian, dan kontrol mesin lainnya, sehingga mencegah mesin untuk hidup. Saklar pengapian yang rusak biasanya disebabkan oleh masalah sekring atau wink.
ADVERTISEMENT

3. Alternator Rusak

Alternator adalah komponen penting dalam sistem pengisian baterai pada mobil. Fungsinya adalah untuk memproduksi dan mengalirkan arus listrik untuk mengisi baterai.
Alternator juga berfungsi untuk memasok kebutuhan listrik pada berbagai sistem elektronik mobil seperti lampu, AC, dan sistem audio. Di samping itu, alternator juga memiliki peran penting dalam mengisi baterai saat mesin berjalan.
Jika alternator rusak, maka baterai tidak akan menerima arus listrik yang cukup dan baterai akan cepat habis. Hal ini menyebabkan mobil tidak bisa distarter meskipun lampu masih menyala.

4. Kabel Starter Rusak

Kabel starter memiliki peran penting dalam memindahkan arus dari baterai ke starter. Jika kabel starter rusak, maka arus listrik tidak akan bisa diteruskan dan starter tidak akan berfungsi. Kondisi ini bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter meskipun lampu menyala.
ADVERTISEMENT

5. Solenoide Starter Rusak

Solenoide starter adalah komponen yang membuka dan menutup sirkuit listrik saat tombol starter ditekan. Jika komponen ini rusak, sirkuit listrik tidak akan bisa dibuka dan starter tidak akan berfungsi.

6. Busi Kotor

Busi yang kotor bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan mobil tidak bisa hidup saat distarter. Debu dan kotoran pada busi dapat menghambat percikan bunga api ketika proses starter dijalankan.
Karenanya, Anda harus rutin melakukan pembersihan pada busi untuk mencegah kotoran menempel. Gosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetran khusus.
Namun, bisa juga busi motor sudah tak dalam kondisi baik, sehingga mobil susah dinyalakan saat kondisi mesin masih panas. Saat temperatur mesin sudah menurun, barulah mobil dapat dinyalakan.
(NDA)