Otomotif
·
29 Mei 2021 7:55
·
waktu baca 3 menit

Mengenal Apa Itu Sunmori dan Istilah-Istilah Lain di Komunitas Motor

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Mengenal Apa Itu Sunmori dan Istilah-Istilah Lain di Komunitas Motor (41982)
searchPerbesar
Ilustrasi Touring motor. (Foto: dok. Istimewa)
Komunitas motor biasanya memiliki istilah-istilah untuk menyebut aktivitas rutin mereka. Para anak motor dalam komunitas ini sering membuat istilah dengan singkatan-singkatan yang unik.
ADVERTISEMENT
Anda yang awam terhadap istilah-istilah ini mungkin bingung jika mendengarnya. Sebagian istilah memang sering diucapkan, namun ternyata ada beberapa juga yang asing di telinga Anda.
Salah satu istilah yang sering dipakai pemotor adalah Sunmori. Belakangan ini, istilah sunmori sedang tren baik di kalangan komunitas motor maupun pemotor biasa.

Mengenal Sunmori

Seperti yang sudah disebutkan, istilah Sunmori sedang marak dibicarakan. Sunmori sediri adalah sebuah singkatan dari Sunday Morning Ride.
Karena namanya Sunday Morning atau minggu pagi, para pemotor akan mengadakan kegiatan berkendara pagi di hari itu. Sunmori tidak terbatas jumlah, dengan peserta yang sedikit atau banyak kegiatan ini tetap bisa dijalankan.
Selain Sunmori, masih ada lagi banyak istilah-istilah dalam komunitas motor. Dikutip dari kumparanOTO, berikut ini adalah informasinya untuk Anda.
ADVERTISEMENT
Kopdar
Istilah yang satu ini juga sering diucapkan. Kopdar memiliki kepanjangan kopi darat, yang berarti pertemuan antara anggota-anggota komunitas motor atau forum otomotif.
Kopdar umumnya memiliki jadwal tersendiri setiap seminggu sekali. Kopdar biasanya diselenggarakan di akhir pekan, dengan agenda yang diadakan adalah seperti diskusi, pembahasan rencana kegiatan, atau perkenalan jika ada anggota baru.
Kopgab
Kalau kopdar pertemuan dalam satu komunitas, maka kopgab punya skala yang lebih luas. Kopgab sendiri adalah singkatan dari kopi gabungan yang mempertemukan lebih dari 1 komunitas otomotif.
Meskipun berbeda kelompok, bukan berarti tidak saling kenal dan berhubungan baik. Oleh karenanya, kopgab diselenggarakan dengan tujuan mempererat hubungan antar komunitas.
Jamnas
Masih berupa singkatan, istilah yang ini mungkin mulai asing bagi Anda. Jamnas atau jambore nasional merupakan pertemuan besar yang diadakan sebuah komunitas pada skala nasional.
ADVERTISEMENT
Beberapa komunitas otomotif biasanya berskala nasional, dengan perwakilan-perwakilan di setiap daerah di Indonesia.
Nah, jamnas ini adalah ajang pertemuan seluruh perwakilan daerah dan membentuk acara pertemuan nasional.
Kalau merujuk ke KBBI, istilah Jambore berarti pertemuan. Jambore sendiri tidak hanya populer di kalangan komunitas motor atau club otomotif, tetapi juga untuk acara kepramukaan atau partai politik.
Rolling
Rolling masih memiliki kaitan dengan beberapa istilah-istilah di atas. Ini adalah kegiatan berkendara yang diadakan usai kopdar, kopgab, atau jamnas.
Namun, rute yang dilalui pada kegiatan rolling ini biasanya tidak mengambil jarak yang jauh.
Tourjib dan Tourgab
Jika Rolling menempuk jarak dekat, Touring biasanya dilakukan dengan berkendara dengan jarak yang jauh.
Touring ada dua jenis dan lagi-lagi singkatan. Pertama, ada touring wajib yang disingkat tourjib. Pada touring ini, seluruh anggota harus mengusahakan diri berpartisipasi dengan tujuan perjalanan yang beragam.
ADVERTISEMENT
Sementara tourgab, Anda yang sudah membaca Kopgab pasti bisa menebak kepanjangannya.
Ya, Tourgab ini adalah akronim dari touring gabungan yang isinya kegiatan berkendara dengan peserta dari beberapa komunitas.
Road Captain (RC)
Sebelumnya, istilah-istilah yang dibahas adalah seputar kegiatan komunitas. Nah, kali ini kita bergeser ke istilah yang merujuk pada peran dalam suatu kegiatan komunitas otomotif.
Dalam sebuah kegiatan touring, akan ada yang namanya Road Captain (RC). Seorang RC merupakan pemimpin touring yang bertanggungjawab atas kelancaran dan keselamatan para peserta.
Selain itu, seorang RC juga umumnya diberi tugas untuk mengurus hal-hal administratif seperti surat izin jalan dari kepolisan. RC juga berperan menjadi penunjuk arah ke destinasi touring.
Safety Officer (SO)
ADVERTISEMENT
Berikutnya, ada Safety Officer yang memiliki peran keamanan dan keselamatan. Seorang SO bertugas untuk memastikan jalur touringaman untuk dilewati.
SO akan bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang lain yang memegang tugas Voorjider untuk mengatur kecepatan para peserta touring.
Seorang SO haruslah dia yang memahami situasi jalan yang akan dilewati. Oleh karenanya, SO umumnya ada di barisan depan sesudah RC.
Voorijder (VO)
Peran ini juga berhubungan dengan keamanan dan keselamatan peserta touring. Voorjider (VO) bertugas untuk mengatur ritme kecepatan para peserta touring dengan mendengarkan pertimbangan dari SO, Sweeper, dan RC.
Untuk memberi isyarat, VO akan menggunakan tanda-tanda kaki yang mempunyai makna tertentu. Pesan dari VO akan disampaikan berantai ke seluruh peserta touring dari terdepan hingga belakang.
ADVERTISEMENT
Sweeper (SW)
Terakhir, ada peran seorang Sweeper yang bertugas memastikan barisan peserta touring tetap rapi.
Sweeper terdiri dari 2 jenis, yaitu sweeper tengah dan sweeper belakang. Sweeper biasanya berada di sisi kanan untuk mengatur barisan. Selain itu, sweeper juga dapat bertugas mengingatkan para peserta dan memperjelas perintang yang diberikan VO.
(RAS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020