Mobil MG Buatan Mana? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 18:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peluncuran mobil listrik MG 4 EV di IIMS 2023, Kamis 16 Februari 2023. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Peluncuran mobil listrik MG 4 EV di IIMS 2023, Kamis 16 Februari 2023. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Merek mobil Morris Garages (MG) mungkin masih belum banyak dikenal di kalangan masyarakat. Pemain baru di pasar otomotif Indonesia ini telah meluncurkan berbagai jenis mobil dengan keunggulan beragam.
ADVERTISEMENT
Meski kehadirannya di Tanah Air masih tergolong baru, namun pabrikan otomotif ini rupanya memiliki sejarah yang cukup panjang. Lantas mobil MG buatan mana?
Cari tahu informasi lebih lanjut mengenai asal negara dan sejarahnya pada sajian informasi berikut.

Mobil MG Buatan Mana?

Peluncuran harga resmi mobil listrik MG 4 EV di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta (14/6/2023). Foto: Sena Pratama/kumparan
Morris Garages (MG) merupakan sebuah merek otomotif global ternama yang berasal dari Inggris. Seiring perkembangannya, merek ini telah dibeli oleh perusahaan asal China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).
Sementara untuk pasar otomotif di Indonesia, mobil ini masuk melalui SAIC Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (ATPM) Morris Garage (MG).
MG Motor Indonesia memulai bisnis dengan meluncurkan mobil pertama yaitu model SUV MG ZS pada Maret 2020.
Berasal dari Inggris, MG telah memiliki sejarah yang panjang selama hampir 100 tahun dan terus menyediakan kendaraan yang berkualitas.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman mgmotor.id, beberapa mobil MG yang telah mendapatkan pengakuan global atas produk-produk unggulnya, antara lain MG4 EV, MG HS, MG ZS, dan MG5 GT. Berbagai kendaraan tersebut mencerminkan teknologi canggih dan desain elegan dengan DNA Brit Dynamic yang khas.

Sejarah Mobil MG

Peluncuran harga mobil listrik MG ZS EV dan MG 4 EV di Jakarta, Rabu (10/1). Foto: Sena Pratama/kumparan
Sejarah mobil MG, dimulai dari sebuah dealer di Oxford yang bernama Morris Garages pada tahun 1920-an. Perusahan ini didirikan oleh pionir otomotif Inggris, William Morris.
Namun di balik layar, Sales General Manager Morris Garages, Cecil Kimber yang merancang dan membuat mobil modifikasi untuk mobil Moris yang kemudian menambahkan logo 'MG Super Sports'
Ia kemudian menjual banyak versi modifikasi mobil-mobil Morris yang dijual dengan merek MG. Penjualan tersebut meningkatkan popularitas MG.
ADVERTISEMENT
Perusahaan segera mengembangkan fasilitasnya dan akhirnya pindah ke kota yang identik dengan merek tersebut yaitu di Abingdon.
Pada tahun 1930, M.G. Car Company Limited didirikan dengan kepemilikan terbesar dipegang oleh William Morris. Melalui perusahan tersebut, Morris menjual mobil-mobil dengan merek MG.
Seiring perkembangannya, MG Cars jatuh ke tangan banyak orang. Seperti dalam laman HotCars, antara tahun 1935 hingga 1952, perusahaan tersebut berada di bawah nama Morris Motors Limited.
Pada saat itu, Morris Motors Limited menjadi Morris Nuffield Organization. Pada tahun 1952, Nuffield Organization bergabung dengan Austin Motor Company Limited untuk membentuk perusahaan baru, British Motor Corporation Limited (BMC). Namun kemitraan ini tidak bertahan lama.
British Motor Corporation Limited kemudian bergabung dengan Jaguar Cars pada 1966, yang membentuk merek baru bernama British Motor Holdings.
ADVERTISEMENT
Dua tahun kemudian, pada tahun 1968, BMH bergabung kembali dengan Leyland Motor Corporation membentuk British Leyland Motor Corporation (BLMC). Perusahan ini lalu mendirikan perusahan induk bernama British Leyland yang berganti nama menjadi Rover Group pada 1986.
Perusahan sempat berubah kepemilikan lagi hingga akhirnya MG dipegang MG Rover Group yang berbasis di Birmingham, Inggris pada 2005.
Di tahun yang sama, sebuah perusahan China Nanjing Automobile Group mengakuisisi sebagian aset MG Rover Group, lalu mendirikan perusahaan bernama NAC MG UK Limited.
Tidak lama Nanjing Automobile Group oleh diakuisisi SAIC Motor pada 2007. Hal ini membuat perubahan nama dari NAC MG UK Limited menjadi MG Motor UK Limited.
(SA)