Modifikasi Vixion, Berikut Rekomendasi Modelnya

Konten dari Pengguna
25 Agustus 2021 17:25
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Modifikasi Vixion, Berikut Rekomendasi Modelnya (30175)
zoom-in-whitePerbesar
Yamaha Indonesia hadirkan warna baru Metallic Blue untuk Vixion R. Foto: YIMM
ADVERTISEMENT
Modifikasi pada kendaraan bermotor memang sangat menyenangkan bagi pecinta otomotif. Namun, biaya juga menjadi pertimbangan saat melakukan perubahan pada kendaraan.
ADVERTISEMENT
Modifikasi merupakan kegiatan mengubah tampilan kendaraan yang semula asli bawaan pabrik menjadi sesuai keinginan pemilik kendaraan agar terlihat menawan dan nyentrik.
Modifikasi motor bisa berupa bagian bodi, penggantian spare part, mesin motor, dan lain sebagainya. Salah satu motor yang sering dijumpai untuk dimodifikasi yaitu Yamaha Vixion. Motor besar ini memiliki daya yang cukup kuat dan tergolong dalam motor sport.
Dengan tampilan motor yang sporty, Vixion sangat cocok untuk dilakukan modifikasi di beberapa bagian motor tersebut. Kebanyakan orang memodifikasi motor vixion ini pun menyesuaikan dengan kebutuhannya.
Ada yang mengubah tampilan vixion standar menjadi racing dan juga yang menambahkan beberapa part untuk kebutuhan touring. Tak hanya itu, ada beberapa jenis ubahan pada Vixion ini agar terlihat bagus. Itu semua merupakan kegiatan memodifikasi motor.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Model Modifikasi Vixion

Apabila Anda berminat untuk memodifikasi motor Vixion Anda, KumparanOTO akan memberikan beberapa rekomendasi gaya modifikasi pada motor tersebut, berikut daftarnya.
  • Modifikasi Vixion Street Bike
Jika Anda ingin melakukan modifikasi Yamaha Vixion yang tidak ekstrem seperti potong rangka, mungkin bisa memilih tema Street bike. Jenis modifikasi ini cocok diperuntukkan bagi kamu yang memiliki tubuh yang besar dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
Modifikasi ini bersifat tinggal pasang karena part yang diperlukan banyak dijual di toko aksesoris dan variasi motor. Penampilan motor dibuat makin kekar dan gagah namun tidak perlu merombak banyak.
Secara konsep, Vixion ini akan diubah menjadi motor half fairing. Half fairing ini dapat melindungi dan mengurangi mesin dari kotoran debu,tanah dan lainnya. Secara penampilan, fairing ini membuat motor terlihat lebih berisi dan kekar.
ADVERTISEMENT
Supaya terlihat semakin sporty maka bisa mengganti footstep bawaan Vixion dengan menggunakan underbone. Posisi kaki jadi lebih mundur ke belakang dan membuat berkendara jadi lebih menunduk. Bahkan, tema Street bike ini bisa menyulap Vixion jadi seperti Kawasaki Z250. Kalian bisa memasang batok headlamp Z250 replika.
  • Modifikasi Vixion Retro
Bagi Anda pemilik Yamaha Vixion, Anda bisa memodifikasi gaya retro dengan mengadopsi motor Yamaha XSR155. ini bisa diadopsi untuk tema modifikasi. Motor Vixion sangat cocok dimodifikasi menyerupai Yamaha XSR1555 karena basisnya juga dari Vixion, yang terlihat jelas dari rangka Deltabox yang menonjol di sisi sampingnya.
Sebenarnya, Yamaha XSR155 lebih ke arah scrambler, ciri khasnya pakai lampu dan speedometer bulat, jok rata dari depan ke belakang, serta ban dual purpose. Tema modifikasi retro ini akan sangat cocok jika memakai basisnya dari Vixion generasi pertama yang memakai headlamp bulat.
ADVERTISEMENT
Namun pengguna New Vixion Lightning juga bisa melakukannya sekaligus upgrade headlamp menggunakan daymaker berteknologi LED. Agar kesan retro semakin kuat, maka speedometer bawaan Vixion juga bisa diganti dengan panel instrumen minimalis berbentuk bulat.
Untuk mengganti panel instrumen ini, sebaiknya pilih yang terdapat indikator bensin agar bisa terus mengecek kondisi bensin motor.
  • Modifikasi Vixion Cafe Racer
Rekomendasi yang terakhir yaitu modifikasi Cafe Racer. Gaya ini memang sedang banyak diminati di Indonesia karena terkesan klasik dan juga menonjolkan performa motor. Umumnya, pengguna modifikasi ini mengunakan motor-motor besar seperti Yamaha Vixion.
Yamaha Vixion ini memiliki performa mesin yang sudah tangguh sehingga tidak perlu melakukan perubahan pada performa mesinnya. Vixion cocok diubah menjadi cafe racer karena struktur rangka Deltabox juga terbilang proporsional sekali untuk diubah ke aliran modifikasi ini.
ADVERTISEMENT
Ubahan yang perlu kalian lakukan, yaitu pada bagian bodi, tangki, headlamp, setang berikut speedometer, serta velg yang memakai jari-jari.
(FOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020