Perlengkapan Keselamatan Berkendara untuk Pengendara Sepeda Motor dan Mobil

Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 14:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perlengkapan keselamatan berkendara atau safety riding menjadi suatu hal yang wajib digunakan oleh para pengendara, baik menggunakan sepeda motor maupun mobil.
ADVERTISEMENT
Ketentuan mengenai penggunaan safety riding saat berkendara pun sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Dalam Pasal 57 Ayat 1 ditegaskan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.
Lantas, apa saja perlengkapan keselamatan berkendara yang wajib digunakan pengendara saat berkendara di jalan raya? Simak informasi lengkapnya dalam uraian di bawah ini.

Perlengkapan Keselamatan Berkendara untuk Pengendara Sepeda Motor

PT Astra Honda Motor (AHM) perkenalkan Safety Riding untuk penggunaan motor listrik di Jakarta, Rabu (28/2). Foto: dok. AHM
Merujuk Pasal 57 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, perlengkapan keselamatan berkendara yang wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor adalah helm standar nasional Indonesia (SNI).
Dikutip dari buku Selamat Berkendara Di Jalan Raya oleh Marye Agung Kusmagi, fungsi utama helm adalah pelindung kepala dari benturan yang bisa membuat kepala cedera.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, ada dua jenis helm yang direkomendasikan untuk digunakan para pengendara sepeda motor, yaitu helm full face dan helm open face (helm tiga perempat).
Pastikan untuk memilih helm yang pas dan nyaman di kepala. Helm yang baik adalah helm yang terasa sedikit menekan di bagian pipi dan rahang, serta bagian atas kepala Anda.
Selain helm, ada baiknya juga bila pengendara sepeda motor menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara tambahan seperti masker, sarung tangan, jaket, celana panjang, dan sepatu.

Perlengkapan Keselamatan Berkendara untuk Pengendara Mobil

Ilustrasi mengendarai mobil. foto: Unsplash
Tidak hanya berlaku bagi pengendara sepeda motor, perlengkapan keselamatan berkendara juga wajib digunakan saat berkendara dengan menggunakan mobil.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Pasal 57 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, perlengkapan keselamatan berkendara yang perlu disiapkan pengendara mobil sekurang-kurangnya terdiri atas:
Jika perlengkapan keselamatan berkendara sudah dilengkapi, jangan lupa juga untuk membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) saat berkendara di jalan raya.
(NDA)