Plat Nomor R dari Mana? Berikut Asal Wilayahnya

Konten dari Pengguna
16 April 2024 12:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Barang bukti kasus pemalsuan STNK dan plat khusus pada Rabu (20/12/2023). Foto: Thomas Bosco/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Barang bukti kasus pemalsuan STNK dan plat khusus pada Rabu (20/12/2023). Foto: Thomas Bosco/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Plat nomor merupakan identitas resmi suatu kendaraan bermotor yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Dari plat nomor tersebut dapat diketahui beberapa informasi seperti asal wilayah, nomor registrasi, hingga sub wilayah kendaraan didaftarkan.
ADVERTISEMENT
Wilayah registrasi suatu kendaraan umumnya ditandai dengan kode huruf yang terletak pada bagian depan plat nomor. Terdapat banyak kode plat nomor yang digunakan di Indonesia, salah satunya adalah plat nomor R.
Lantas plat nomor R dari mana? Cari tahu cakupan asal wilayah yang menggunakan kode plat tersebut pada uraian lengkap di bawah ini.

Daerah dengan Kode Plat Nomor R

Ilustrasi pelat nomor kendaraan pilihan. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Kode wilayah merupakan kode daerah kendaraan bermotor yang bersangkutan diregistrasikan. Biasanya terdiri dari satu atau dua huruf yang disematkan pada bagian plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).
Setiap daerah menggunakan kode yang bervariasi untuk membedakannya dengan daerah lain. Satu kode wilayah dapat diberlakukan pada satu atau beberapa wilayah tertentu sekaligus.
ADVERTISEMENT
Salah satu kode plat nomor yang ditemukan di Indoensia adalah plat R. Kendaraan dengan plat ini berasal dari wilayah Karesidenan Banyumas dan Jawa Tengah.
Adapun cakupan wilayah yang menggunakan plat nomor R antara lain Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Purbalingga. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kabupaten Banyumas

Banyumas merupakan salah satu daerah yang menggunakan plat nomor R. Kode tersebut disematkan pada bagian depan plat nomor, kemudian diikuti nomor seri, dan seri huruf.
Seri huruf mewakili sub wilayah yang lebih spesifik atau tempat daerah kendaraan yang bersangkutan didaftarkan. Untuk kendaraan yang berasal dari Kabupaten Banyumas, seri huruf yang tertulis pada bagian belakang plat diakhiri dengan salah satu huruf dari A/E/G/H/J/S/X.

2. Kabupaten Banjarnegara

Kode plat R diperuntukkan pula bagi kendaraan yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara. Dalam format penulisan plat, bagian pertama diawali dengan huruf R, nomor seri polisi, kemudian diakhiri dengan salah satu huruf dari D/I/M/O/W/Y.
ADVERTISEMENT

3. Kabupaten Cilacap

Setiap kendaraan yang terdaftar dari Kabupaten Cilacap akan diberikan kode R pada plat nomor.
Adapun plat nomor kendaraan dari Cilacap, dimulai dengan huruf R, diikuti angka, dan diakhiri dengan susunan kode yang mencakup salah satu dari B/F/K/N/P/R/T.

4. Kabupaten Purbalingga

Daerah berikutnya yang memakai kode R adalah Kabupaten Purbalingga.
Sama seperti daerah lainnnya, plat nomor kendaraan dari Purbalingga diawali dengan kode R, diikuti nomor seri atau nomor polisi di bagian tengah, dan diakhiri dengan kode yang menggunakan salah satu huruf dari C/L/Q/U/V/Z.
Demikian adalah sejumlah daerah yang menggunakan kode R pada plat nomor untuk menandakan wilayah registrasi suatu kendaraan.
(SA)