Otomotif
·
16 April 2021 21:24

Segini Ongkos Tol Jakarta-Bandung, Enggak Sampai Rp 80 Ribu!

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Segini Ongkos Tol Jakarta-Bandung, Enggak Sampai Rp 80 Ribu! (126882)
Gerbang Tol Pasteur II. (Foto: Dok. PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi)
Jalan tol masih menjadi alternatif favorit bagi pengendara mobil yang ingin berpergian antar kota maupun antar wilayah karena tidak memakan waktu yang banyak dan hanya memakan waktu hampir setengahnya saja dari jalur biasanya.
ADVERTISEMENT
Agar lebih nyaman dalam perjalanan, pastikan dulu saldo pada uang elektronik anda cukup dan sudah terisi dengan tepat.
Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur jalan Tol, menyebutkan untuk keluar di gerbang tol Pasteur, pastikan saldo pada kartu uang elektronik Anda tersedia sebesar Rp 73.000. Lalu, bagaimana dengan tarif tol lainnya?
Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 97/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, juga dari Keputusan Menteri PUPR No. 96/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Harga Tarif Tol Jakarta-Bandung

Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan melintasi tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dimulai dari gerbang tol Pasar Rebo. Maka ruas dan tarif tol Jakarta ke Bandung yang harus dibayar:
ADVERTISEMENT
  • Tol JORR Rp 15.000
  • Tol Jakarta Cikampek Rp 15.000
  • Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) Rp 39.500
  • Tol Padaleunyi Rp 3.500
Tarif juga berlaku untuk rute sebaliknya. Artinya keseluruhan tarif tol pulang-pergi yang perlu disiapkan sebesar Rp 146.000.
Apabila hendak melanjutkan perjalanan ke wilayah Jatinangor, Tasikmalaya, atau Garut bisa keluar di gerbang Cileunyi. Tarif tolnya Rp 9.000 sekali melintas. Sehingga jika ditotal tol Jakarta ke Cileunyi Rp 78.500.
Segini Ongkos Tol Jakarta-Bandung, Enggak Sampai Rp 80 Ribu! (126883)
Tol Cileunyi Foto: Prima Gerhard/kumparan
Jika tujuannya langsung menuju pusat Kota Bandung namun tidak ingin mendapatkan antrian panjang di gerbang tol Pasteur, pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan keluar di gerbang tol Moh Toha. Untuk tarif tol yang satu ini bernilai Rp 5000 sekali melintas. Sehingga jika ditotal tarif tol Jakarta Bandung melalui gerbang ke Moh Toha Rp 78.500.
ADVERTISEMENT
(HDZ)