Ujian Teori SIM C: Materi, Contoh Soal dan Jawabannya

Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:18 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
SIM baru yang telah jadi di SIM Keliling. Foto: dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
SIM baru yang telah jadi di SIM Keliling. Foto: dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Pembuatan SIM C diperuntukkan bagi pengemudi yang mengendarai kendaraan roda dua. Untuk mendapatkannya, pengemudi harus melalui sejumlah tes dan ujian terlebih dahulu di Samsat setempat.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Pasal 217 PP No 44 Tahun 1993, persyaratan yang diperlukan antara lain pemohon harus mengajukan surat permohonan tertulis, memiliki kemampuan menulis dan membaca, cukup umur, memiliki pengetahuan yang cukup tentang peraturan lalu lintas, dan memiliki keterampilan mengemudi.
Dalam prosesnya, pemohon harus lulus dalam ujian teori dan praktik terlebih dahulu. Pada tahapan ujian teori SIM C, pemohon harus menjawab soal-soal yang diberikan dengan benar.
Secara garis besar, soal tersebut berisi tentang aturan-aturan berlalu lintas. Agar lebih memahaminya berikut penjelasan tentang ujian teori SIM C selengkapnya yang bisa Anda simak.

Materi Ujian Teori SIM C

Petugas menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) seusai proses pembuatan di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM. Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Secara umum, materi ujian teori SIM C yang diberikan berisi tentang peraturan lalu lintas, teknik dasar kendaraan bermotor, dan cara mengemudikan kendaraan yang baik di jalan.
ADVERTISEMENT
Singkatnya, materi ujian teori SIM C memuat hal-hal pokok dalam berkendara. Dikutip dari buku Panduan Praktis Ujian SIM, Mengurus STNK, dan BPKB karya Adib Bahari, berikut penjelasannya:
1. Ketentuan umum tentang lalu lintas.
2. Pengetahuan dasar tentang SIM, STNK, dan surat kendaraan lainnya.
3. Peraturan lalu lintas yang meliputi:
4. Rambu-rambu meliputi:
5. Teknik mengemudi
6. Perilaku dan keselamatan umum dalam berlalu lintas, termasuk pengaruh alkohol, narkotik, dan obat-obatan bagi pengemudi.
ADVERTISEMENT

Contoh Soal Ujian Teori SIM C dan Jawabannya

Layanan Perpanjang SIM di SIM Keliling. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Ujian teori SIM C umumnya berupa multiple choice (pilihan ganda). Nantinya, pemohon diminta mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam ujian. Berikut beberapa contoh soal dan jawabannya:
ADVERTISEMENT
(NDA)