3 Cara Mengatasi Frustasi Secara Efektif

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
30 Maret 2023 21:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengatasi Frustasi. Foto: dok. Christian Erfurt (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Frustasi. Foto: dok. Christian Erfurt (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Frustrasi merupakan suatu emosi yang dapat dirasakan seseorang karena berbagai faktor. Ketika frustrasi datang menyerang, tentunya kita perlu mengatasinya agar tidak menimbulkan efek negatif bagi diri kita dan orang sekitar.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mengatasi frustrasi, yuk simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Cara Mengatasi Frustasi Secara Efektif dan Mudah Dilakukan

Ilustrasi Cara Mengatasi Frustasi. Foto: dok. Yogendra Singh (Unsplash)
Ketika kita merasa semua hal tidak berjalan sesuai rencana, tak jarang muncul perasaan frustrasi dalam diri. Frustrasi merupakan salah satu emosi negatif yang muncul pada diri seseorang ketika adanya halangan dan rintangan dalam usahanya mencapai suatu tujuan.
Dalam buku berjudul Psikologi Sosial: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi yang disusun oleh Jeffrey S. Nevid (2021:45) juga dijelaskan bahwa frustrasi adalah keadaan emosi negatif yang timbul pada seseorang ketika usaha yang dilakukannya untuk mencapai sebuah tujuan gagal atau terhambat.
Sementara dalam buku Psikologi Freud: Sebuah Bacaan Awal karya Calvin S. Hall (2019: 131) bahwa frustrasi adalah perasaan yang terjadi akibat adanya banyak hal yang menghalangi dilepaskannya suatu eksitasi yang menyakitkan.
ADVERTISEMENT
Frustrasi juga dikatakan sebagai sesuatu yang menghalangi prinsip kenikmatan yang dirasakan pada seseorang. Seseorang dapat mengalami rasa frustrasi karena objek tujuannya tidak ditemukan dalam lingkungan atau yang disebut dengan kekurangan atau privation.
Tak hanya itu, frustrasi juga dapat terjadi karena objek tujuan yang diinginkan tersedia namun seseorang tersebut dijauhkan dari sesuatu yang diinginkannya atau yang juga disebut dengan kehilangan atau deprivation. Adanya kekuatan penentang yang menghalangi seseorang untuk mendapatkan kepuasan juga dapat memicu adanya frustrasi.
Selain faktor tersebut, frustrasi juga dapat disebabkan dari dalam diri sendiri seperti ketidak adanya keahlian pemahaman, intelegensi, atau pengalaman yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian yang memuaskan. Untuk mengatasi rasa frustrasi yang menyerang, Anda dapat menerapkan cara mengatasi frustrasi berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Tenangkan diri terlebih dahulu

Saat frustrasi mulai menyerang, Anda perlu mengambil waktu khusus untuk menenangkan diri. Di saat menenangkan diri, Anda dapat melakukan hal yang dapat membuat tubuh dan pikiran rileks, seperti menghela napas panjang dan mengembuskannya secara perlahan.

2. Membagikan keluh kesah dengan orang terdekat

Bercerita tentang masalah yang Anda hadapi dengan orang terdekat yang Anda percaya dapat membantu Anda dalam mengatasi frustrasi. Setelah bercerita, Anda akan merasa lebih leluasa dan tenang dibanding saat masih memendamnya sendirian.

3. Cari tahu penyebab frustrasi

Dengan mengetahui apa penyebab frustrasi, Anda dapat menemukan solusi untuk segera menuntaskan rasa frustrasi yang Anda alami. Anda dapat membuat daftar hal-hal yang mungkin memicu frustrasi untuk mengetahui apa penyebabnya.
Itu dia sederet cara mengatasi frustrasi yang dapat Anda ikuti. Jika hal tersebut sudah dilakukan dan tak kondisi tak kunjung membaik, sebaiknya Anda konsultasikan ke psikolog untuk mendapatkan penanganan terbaik. (DAP)
ADVERTISEMENT