5 Cara agar tidak Terlalu Berharap pada Pasangan yang Efektif

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2024 23:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara agar tidak terlalu berharap pada pasangan, sumber foto: Paweł L. by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara agar tidak terlalu berharap pada pasangan, sumber foto: Paweł L. by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hubungan asmara adalah kisah kedua orang yang saling membutuhkan dan melengkapi satu sama lain. Namun jika sudah terlalu berharap pada pasangan, maka segera lakukan cara agar tidak terlalu berharap pada pasangan kali ini.
ADVERTISEMENT
Mengingat semakin sering bergantung dengan pasangan akan menyebabkan ketidakseimbangan dan mengarah pada hubungan tidak sehat. Parahnya lagi terlalu berharap pada pasangan dapat mengganggu ketenangan hati dan pikiran.
Dikutip dari buku The Book of Membaca Kepribadian Orang karya Asti Musman, berikut beberapa cara tepat agar tidak terlalu berharap pada pasangan.

Cara agar Tidak Terlalu Berharap pada Pasangan

Ilustrasi cara agar tidak terlalu berharap pada pasangan, sumber foto: Tan Danh by pexels.com
Banyak orang yang memiliki harapan yang sangat tinggi dari hubungan yang dijalani, salah satunya terlalu berharap pada pasangan. Jika kamu mengalaminya, segera atasi dengan tata cara agar tidak terlalu berharap pada pasangan berikut ini.

1. Belajar Mandiri secara Maksimal dan Bersikap Tegas

Jika kamu suka berharap kepada pasangan, ini saatnya untuk belajar bersikap mandiri secara maksimal dalam hal apapun. Buktikan kepada pasangan bahwa kamu adalah seseorang yang tegas dan bisa bergaul dengan baik meski sendirian.
ADVERTISEMENT

2. Jangan Biarkan Dia Semena-Mena

Jangan biarkan pasangan semena-mena atau terlalu mengalah karena takut jika dia akan meninggalkan kamu. Setiap orang harus punya harga diri agar tidak mudah diinjak-injak oleh orang lain, terutama pasangannya hanya demi cinta.

3. Pertahankan Hobi yang Dimiliki

Ketika berkencan bersama, memang wajar jika ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan pasangan. Namun tetap pertahankan hobi yang kamu miliki meski hobi tersebut ditentang keras oleh pasangan.

4. Jangan Takut Kehilangan Pasangan

Rasa takut kehilangan pasangan sering kali membuat seseorang menjadi sangat berharap pada pasangannya. Ingatlah bahwa ada saatnya datang dan pergi, maka jika dia ingin pergi tanpa alasan yang jelas biarkan saja.

5. Lebih Mendekatkan Diri dengan Teman dan Keluarga

Awal-awal jatuh cinta atau memiliki pasangan baru memang mudah untuk memprioritaskannya di atas segalanya. Sangat penting untuk mempertahankan kehidupanmu sebelum dia datang, seperti hubungan dengan teman dan keluarga.
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara agar tidak terlalu berharap pada pasangan yang bisa kamu coba. Dengan begitu kamu tidak akan menjadi pihak yang selalu mengalah dalam hubungan asmara. (DSI)