7 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan agar Lebih Tenang

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
20 Januari 2024 23:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rasa cemas. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rasa cemas. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Cara efektif menghilangkan rasa cemas berlebihan merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh setiap manusia. Sebab, perasaan ini bisa menimbulkan ketakutan yang berujung pada depresi.
ADVERTISEMENT
Jika tidak segera ditangani dengan baik, pengidap cemas berlebihan, atau biasa dikenal sebagai anxiety, dapat kesulitan saat menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, simak cara selengkapnya di sini.

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Cemas

Ilustrasi rasa cemas. Sumber foto: Unsplash
Rasa cemas adalah perasaan yang normal dialami oleh manusia. Biasanya, hal ini terjadi karena sedang memikirkan atau terbayang suatu kejadian yang di luar kendali atau keinginan individu.
Dikutip dari Jurnal Gangguan Cemas Menyeluruh oleh Okta Diferiansyah, dkk., ketika merasa cemas, individu akan tidak nyaman atau takut dan memiliki firasat akan tertimpa suatu malapetaka.
Individu yang mengalami kecemasan biasanya menunjukkan gekala seperti panik tanpa alasan, takut terhadap sesuatu yang tidak jelas, hingga melakukan tindakan aneh yang sulit untuk diingat. Itulah mengapa tak jarang rasa cemas dapat mengganggu kehidupan seseorang.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, penting untuk mengetahi cara efektif menghilangkan rasa cemas. Berikut langkahnya.

1. Selalu Berpikir Positif

Salah satu hal yang menimbulkan kecemasan adalah pikiran negatif terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk berpikir kembali dan bayangkan skenario terbaik untuk menghadapinya. Dengan ini, kecemasan akan hilang secara perlahan.

2. Ambil Napas Perlahan

Untuk menghilangkan rasa cemas yang berlebihan, individu juga bisa mengambil napas panjang secara perlahan. Walau sederhana, langkah ini dapat membantu tubuh untuk relaks dan mengurangi stres.

3. Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan mood atau suasana hati karena bisa melepas hormon endorfin. Akibatnya, kecemasan bisa berkurang sedikit demi sedikit.

4. Hindari Kafein dan Alkohol

Rasa cemas berlebihan juga dapat diatasi dengan berhenti atau menghindari minuman beralkohol atau berkafein. Belum lagi, kedua jenis minuman ini dapat menimbulkan permasalahan dalam kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus.
ADVERTISEMENT

5. Bersosialisasi

Saat mengalami kecemasan, banyak orang yang justru menjauh dari keramaian. Padahal, kebiasaan ini salah karena bisa menimbulkan perasaan takut dan kesepian, yang dapat memperburuk kecemasan. Karena itu, penting untuk bersosialisasi saat merasa cemas.

6. Melakukan Hobi

Melakukan aktivitas yang disukai seperti hobi juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa cemas. Dengan ini, hormon oksitosin dapat terlepas yang akhirnya meredakan rasa cemas.
Itulah sejumlah cara efektif untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan agar lebih tenang. (RN)