Apa Itu Towing MotoGP? Ini Ulasan Lengkapnya

Konten dari Pengguna
24 Oktober 2022 15:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apa itu towing MotoGP. Foto: Andika Wahyu/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu towing MotoGP. Foto: Andika Wahyu/Antara Foto
ADVERTISEMENT
Apa itu towing MotoGP menjadi pembahasan hangat belakangan ini menyusul kejadian yang terjadi pada babak kualifikasi di Sepang, Malaysia. Saat itu, Marc Marquez selalu berusaha untuk berada di belakang motor Ducati agar mendapatkan towing.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman resminya, towing dalam MotoGP merupakan perilaku seorang pembalap saat membuntuti pembalap lainnya guna mendapatkan keuntungan slipstream. Hal ini sebenarnya cukup umum dalam ajang kejuaraan otomotif, baik untuk sepeda motor maupun mobil.
Bagi yang belum tahu, slipstream sendiri adalah aliran angin yang bebas (free air) yang mengalir tepat di belakang kendaraan. Dengan begitu, pembalap akan mendapatkan kecepatan lebih ketika berada di area slipstream ini karena tidak ada angin kotor (dirty air) yang mengganggu aerodinamis kendaraan.
Meskipun towing secara umum merupakan bagian dari taktik kualifikasi, banyak fan MotoGP menyayangkan pembalap yang menggunakannya. Sebab, towing dirasa menghilangkan esensi dari balapan itu sendiri. Bahkan terdapat beberapa pembalap yang selalu menoleh ke belakang untuk menghindari adanya towing ini.
ADVERTISEMENT
Namun, salah satu hal yang menjadi kekhawatiran dalam melakukan towing adalah masalah keselamatan. Sebab, dimensi sepeda motor MotoGP tidak begitu lebar, sehingga pembalap perlu benar-benar membuntuti pengendara lain agar bisa memanfaatkan slipstream ini.
Nah setelah mengetahui apa itu towing, Anda juga perlu mengetahui apa istilah lainnya yang sering digunakan dalam MotoGP, berikut informasinya.

Istilah-istilah dalam MotoGP

Ilustrasi apa itu towing MotoGP. Foto: Andika Wahyu/ANTARA FOTO
MotoGP merupakan salah satu olahraga yang dekat dengan para fannya. Hal ini dibuktikan dengan laman resminya yang memberikan informasi atas kata-kata “slang” atau istilah yang umum digunakan dalam olahraganya. Maka dari itu, berikut daftar istilah dalam MotoGP yang perlu Anda ketahui:

1. Grid

Grid merupakan sebuah tempat di mana para pembalap berbaris sebelum lampu hijau menyala. Grid ini berisikan tiga pembalap per-baris yang ditentukan pada babak kualifikasi.
ADVERTISEMENT

2. Pole Position

Pole position pada MotoGP serupa dengan istilah pole position dalam ajang balapan lainnya, yaitu pembalap paling depan dalam grid atau pembalap tercepat pada babak kualifikasi.

3. Holeshot

Holeshot adalah istilah yang diberikan kepada pembalap yang memimpin jalannya balapan setelah tikungan pertama dalam lap pembuka.

4. Parc Ferme

Parc Ferme dalam bahasa Prancis memiliki arti “taman ditutup” atau dalam istilah motoGP adalah tempat yang digunakan para tiga pembalap teratas untuk meletakkan motornya saat kualifikasi berakhir maupun balapan berakhir.

5. Slicks

Istilah slicks dalam MotoGP adalah nama lain dari ban kering atau ban yang digunakan saat balapan kering.

6. Biting the Screen

Istilah ini umum digunakan ketika seorang pembalap terlihat terlalu berusaha untuk mendorong laju sepeda motornya ke limit yang paling tinggi.

7. Box

Box merupakan sebuah instruksi dari tim via pitboard atau dasbor untuk memberikan perintah agar pembalap masuk ke pit secepatnya.
ADVERTISEMENT

8. Stoppie

Stoppie merupakan perilaku seorang pembalap ketika menghentikan motornya dan ban belakangnya terangkat dari permukaan. Dapat dikatakan stoppie merupakan kebalikan dari wheelie.
Demikianlah informasi seputar apa itu towing dan istilah lain dalam MotoGP yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
(AA)