Cara Bermain Sepak Takraw dan Jenisnya

Konten dari Pengguna
5 Januari 2022 7:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Bermain Sepak Takraw dan Jenisnya (38219)
zoom-in-whitePerbesar
Bola Sepak Takraw. (Foto: flickr.com/Huimei)
Cara bermain sepak takraw saat ini sudah sangat formal dan memiliki gerakan-gerakan yang keren dengan teknik-teknik yang dimainkan. Sepak takraw merupakan permainan gabungan dari olahraga sepak bola dan bola voli yang dimainkan dalam lapangan bulu tangkis.
ADVERTISEMENT
Kemudian, olahraga ini memiliki lapangan berbentuk persegi panjang dengan menggunakan net atau jaring sebagai pembatas area satu sama lain.
Namun, karena cara bermainnya yang dilakukan di atas lapangan bulutangkis membuat sepak takraw menjadi terlihat lebih atraktif dan menarik. Gerakan yang digunakan sangat mirip dengan gerakan sepak bola dan peraturannya diadopsi dari peraturan bola voli. Pada sepak takraw untuk memainkan bola, boleh menggunakan seluruh anggota tubuh kecuali tangan.
Saat ini, olahraga sepak takraw memiliki berbagai cara yang bisa dimainkan sesuka hati oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Indonesia. Berikut adalah cara bermain sepak takraw dengan singkat.

Peraturan dan Cara bermain Sepak Takraw

Cara Bermain Sepak Takraw dan Jenisnya (38220)
zoom-in-whitePerbesar
Sepak Rago, Sepak Takraw Tradisional Minangkabau. (Foto: pinterest.com/1001indonesia)
Cara untuk bermain sepak takraw di Indonesia terbagi menjadi dua tata cara, yaitu sepak takraw tradisional dan sepak takraw modern.
ADVERTISEMENT
Bagi beberapa wilayah, sepak takraw merupakan permainan tradisional yang sudah ada dari zaman dahulu. Berikut adalah ulasannya:

1. Sepak Takraw Tradisional

Cara Bermain Sepak Takraw dan Jenisnya (38221)
zoom-in-whitePerbesar
Turnamen Sepak Takraw. (Foto: pinterest.com/theatlantic)
Permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang masih dimainkan oleh beberapa masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Permainan ini merupakan akulturasi budaya yang dibawa oleh kerajaan Melayu yang saat itu menyebar ke Nusantara dan kemudian memperkenalkan olahraga tersebut untuk dimainkan secara massal.
Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd., pada tahun 2021 dalam bukunya yang berjudul Sepak Takraw Untuk Pelajar yang menuturkan permainan sepak takraw menjadi permainan tradisional masyarakat Minangkabau dan dikenal dengan nama ‘Sepak Rago’.
Dalam buku tersebut juga menjelaskan, permainan sepak rago yang dimainkan dengan cara berkelompok dengan membentuk lingkaran dan diisi oleh 5 hingga 10 orang.
ADVERTISEMENT
Olahraga ini memiliki cara bermain yang dimainkan dengan menggunakan kaki dengan seni dan teknik yang menarik untuk dapat memindahkan bola ke pemain yang satu dan pemain yang lain.
Permainan ini dilakukan secara terus menerus dan berusaha agar bola tetap berada di udara supaya tidak jatuh ke tanah. Cara bermain sepak takraw tradisional masih populer dan dipertahankan hingga saat ini.

2. Sepak Takraw Modern

Sepak takraw modern memiliki cara bermain yang sama dengan sepak takraw tradisional yang intinya adalah agar bola tidak boleh menyentuh tanah. Namun, cara bermain sepak takraw saat ini memiliki aturan-aturan yang menyelimuti permainan. Jika dalam permainan sepak rago dilakukan secara melingkar, sepak takraw dilakukan dengan cara membagi kelompok dan saling berhadapan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, lapangan yang tersedia berbentuk persegi panjang dilengkapi net sebagai pembatas area. Cara bermain sepak takraw saat ini lebih kompetitif dan menentukan pemenang dalam setiap pertandingannya.
Seperti yang dijelaskan dalam buku Permainan Sepak Takraw: Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Pertandingan dan Perwasitan yang disusun oleh Heriansyah S.Pd., M.Pd., dan Adelian Suhartiwi S.Pd., M.Pd. pada 2021 menjelaskan, bahwa dalam peraturan permainan sepak takraw double regu, pemenang ditentukan dengan sistem perhitungan angka yang telah ditetapkan, yaitu dengan skor 21 poin dalam satu pertandingannya.
Jika skor menemukan poin seri, maka skor dilanjutkan hingga mencapai selisih 2 poin dan mencapai batas skor sebesar 25 poin.
Cara bermain sepak takraw sangat bervariatif dan bisa dilakukan dalam kondisi apa pun. Jika kekurangan pemain, maka permainan sepak takraw bisa dilakukan dengan cara tradisional. Jika kelebihan pemain, bisa dilakukan sistem kompetisi seperti sepak takraw saat ini. Selamat mencoba!
ADVERTISEMENT
(FS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020