Piala Dunia Sistem Gugur atau Tidak? Ini Jawabannya

Konten dari Pengguna
25 November 2022 13:23
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Piala Dunia sistem gugur atau tidak. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
zoom-in-whitePerbesar
Piala Dunia sistem gugur atau tidak. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
ADVERTISEMENT
Piala Dunia sistem gugur atau tidak? Ini adalah salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan saat Piala Dunia baru saja dihelat. Bagi yang belum tahu, berikut ulasan seputar Piala Dunia Qatar 2022.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar diramaikan oleh 32 negara yang sudah berjuang untuk mendapatkan slot pada ajang kejuaraan ini, kecuali Qatar yang memang sudah mendapatkan slot istimewa ketika diumumkan menjadi tuan rumah.
Tentunya hal ini berbeda jika Anda melihat sejarah Piala Dunia yang dimulai pada tahun 1930 di Uruguay. Karena pada perhelatan tersebut hanya terdapat 13 negara yang berlomba untuk mendapatkan piala bergengsi itu.
Sejatinya, skema ini sudah berubah seiring berjalannya waktu dan perkembangan olahraganya. Sampai pada Piala Dunia 1998 di Prancis, akhirnya FIFA memutuskan negara yang akan ikut berpartisipasi di ajang kejuaraan ini adalah sebanyak 32 negara.
Nah, ke-32 negara ini akan berlomba-lomba untuk bisa mengangkat piala emas yang bersejarah selama hampir satu bulan. Lantas, bagaimana sih skema pertandingan Piala Dunia 2022? Berikut ulasannya.
ADVERTISEMENT

Piala Dunia Sistem Gugur atau Tidak?

Piala Dunia sistem gugur atau tidak. Foto: Molly Darlington/Reuters
zoom-in-whitePerbesar
Piala Dunia sistem gugur atau tidak. Foto: Molly Darlington/Reuters
Apabila menjawab pertanyaan tersebut, maka jawabannya iya, Piala Dunia menggunakan sistem gugur. Namun, sistem gugur ini baru diselenggarakan saat babak 16 besar, yakni saat sistem grup sudah selesai. Bagi yang masih bingung, berikut penjelasannya.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Piala Dunia 2022 diramaikan oleh 32 negara dari berbagai benua. Dari 32 ini, dibagilah menjadi 8 grup yang masing-masing berisikan empat negara. Berikut daftar grup Piala Dunia 2022:
  • Grup A: Belanda, Ekuador, Senegal, Qatar
  • Grup B: Wales, Amerika Serikat, Iran, Inggris
  • Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia
  • Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia
  • Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang
  • Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia
  • Grup G: Brazil, Swiss, Serbia, Kamerun
  • Grup H: Ghana, Uruguay, Korea Selatan, Portugal.
ADVERTISEMENT
Nah, masing-masing negara di dalam grup tersebut akan saling bertanding satu sama lain dalam sebuah skema bernama fase grup (20 November-2 Desember). Ketika semua negara sudah bertanding satu sama lain di dalam grup-nya, maka negara yang mendapatkan peringkat 1 & 2 pada grup tersebut berhak lanjut ke babak 16 besar alias babak gugur.
Babak 16 besar inilah yang menandakan sistem gugur sudah dimulai. 16 negara yang akan bertanding akan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan tempat di delapan besar (quarterfinal). Kemudian akan terus berlanjut sampai perebutan juara tiga dan perebutan juara 1 alias final Piala Dunia, berikut jadwal lengkapnya:
  • Babak 16 Besar: 3 Desember-6 Desember
  • Quarterfinal: 9 Desember-10 Desember
  • Semifinal: 13 Desember-14 Desember
  • Perebutan juara 3: 17 Desember
  • Final: 18 Desember.
ADVERTISEMENT
Demikianlah jawaban dari pertanyaan yang kerap ditanyakan masyarakat dalam perhelatan ajang kejuaraan dunia yang paling bergengsi ini. Semenjak Piala Dunia 2022 sudah terlaksana, nagara mana yang paling mengejutkan Anda? Tulis di kolom komentar.
(AA)
Kapan Piala Dunia pertama kali diselenggarakan?
chevron-down
Kapan fase grup Piala Dunia 2022 berakhir?
chevron-down
Kapan final Piala Dunia 2022 dihelat?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·