Sepak Takraw Termasuk Permainan Bola atau Bukan?

Konten dari Pengguna
5 Januari 2022 6:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sepak Takraw Termasuk Permainan Bola atau Bukan? (47865)
zoom-in-whitePerbesar
Sepak takraw termasuk permainan bola besar (Sumber: Pixabay)
Sepak takraw termasuk permainan bola besar dalam olahraga. Sepak takraw juga dikenal dengan sebutan sepak raga.
ADVERTISEMENT
Dalam bahasa Melayu, olahraga ini kerap disebut dengan sepak raga. Nama sepak takraw diambil dari bahasa Melayu dan bahasa Thailand. Kata 'sepak' berasal dari bahasa Melayu yang artinya menendang dan 'takraw' berasal dari bahasa Thailand yang berarti bola yang dianyam.
Kata tersebut dipakai setelah kesepakatan kedua daerah yang telah menemukan olahraga ini, yakni Malaysia dan Thailand. Dari kedua negara tersebut, permainan olahraga ini sekarang telah menyebar hingga ke penjuru dunia.
Permainan sepak takraw dimainkan di lapangan berukuran 13,40 x 6,10 m dan net setinggi 1,55 dengan lebar 72 cm dan lubang jaring sekitar 4-5 cm. Kemudian, bolanya terbuat dari rotan atau plastik (synthetic fibre) yang dianyam dengan lingkaran antara 42-44 cm.
ADVERTISEMENT
Sepak takraw juga sering disebut sebagai perpaduan dari tiga olahraga, yaitu sepak bola, bola voli, dan bulu tangkis. Sepak takraw bisa menggunakan semua anggota tubuh, kecuali tangan. Dikatakan mirip seperti voli karena menggunakan teknik smash dan service yang sama dengan voli.
Sepak takraw juga disebut mirip bulu tangkis, karena memiliki ukuran lapangan dan net yang sama serta sistem perhitungan poin. Lalu, apakah sepak takraw termasuk permainan bola kecil atau bukan?

Sepak Takraw Termasuk Permainan Bola Apa?

Sepak Takraw Termasuk Permainan Bola atau Bukan? (47866)
zoom-in-whitePerbesar
Permainan Sepak Takraw (Sumber: Pinterest)
Pada buku Permainan Sepak Takraw: Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Pertandingan dan Perwasitan, Heriansyah S.pd, 2021, disebutkan bahwa peraturan dalam permainan sepak takraw telah disebutkan oleh ISTAF pada 2011, di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Regu yang memilih Sepak Mula pada waktu undian akan memulai permainan pada set pertama. Kemudian, pemenang set pertama akan memulai permainan pada selanjutnya.
  2. Pelambung harus segera melambungkan bola begitu wasit menyebut angka. Jika pemain mendahuluinya, maka lambungan harus diulang dan pemain tersebut diberi peringatan.
  3. Servis dinyatakan sah bila bola melewati net, baik menyentuh ataupun tidak dan jatuh di lapangan lawan.
  4. Pelaksanaan servis oleh bola dilakukan dengan berbagai cara, asalkan satu kakinya berada tetap dalam lingkaran.
  5. Angka diberikan kepada regu yang dapat mematikan bola di daerah lawan.
  6. Angka kemenangan untuk satu set adalah 15 angka. Apabila terjadi 14 sama, maka untuk mencapai kemenangan harus selisih dua angka dan angka terakhir adalah 17, dengan sistem 3 set kemenangan.
  7. Servis dilakukan tiga kali berturut-turut oleh tiap regu dan bergantian, apabila terjadi duice (14-14) maka servis dilakukan oleh regu yang mendapatkan point.
  8. Dalam pertukaran tempat ( istirahat tiap set masing-masing diberikan waktu untuk istirahat 2 menit).
  9. Jika kedua regu memenangkan dua set, maka kemenangan ditentukan oleh hasil tie break, dengan angka 15 angka. Apabila terjadi angka 14 sama, maka untuk mencapai harus selisih dua angka dan angka terakhir adalah 17.
  10. Sebelum set tie break, wasit melakukan undian yang memenangkan undian melakukan servis pertama.
  11. Pergantian tempat pada set tie break jika salah satu regu mencapai point angka 8.
ADVERTISEMENT

Cara Bermain Sepak Takraw

Sepak Takraw Termasuk Permainan Bola atau Bukan? (47867)
zoom-in-whitePerbesar
Bola Sepak Takraw (Sumber: iStock)
Olahraga ini cukup banyak dimainkan di beberapa wilayah di Indonesia. Di Minangkabau, sepak takraw dikenal dengan sebutan sepak rago dan permainan tradisional di sana.
Permainan sepak takraw ini umumnya dilakukan oleh 5-10 orang dengan cara membentuk lingkaran di suatu lapangan terbuka di mana bola rago tersebut dimainkan dengan menggunakan kaki dengan teknik dan seni tertentu, sehingga bola tersebut dapat berpindah dari satu pemain ke pemain lainnya tanpa jatuh ke tanah.
Bola yang digunakan dalam permainan sepak takraw biasanya terbuat dari anyaman rotan. Untuk mencetak skor, pemain perlu menyepak bola takraw melalui net baik menyentuh net atau tidak, dan bola jatuh di lapangan atau area lawan.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai sepak takraw termasuk permainan bola besar atau pun kecil.
(ANH)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020