Suatu Langkah Awal untuk Menyusun Pola Serangan

Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 23:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Suatu Langkah Awal untuk Menyusun Pola Serangan (50997)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Permainan Sepak Bola (Sumber: Pixabay)
Suatu langkah awal untuk menyusun pola serangan adalah dengan melakukan passing yang terukur ke sesama pemain sepak bola.
ADVERTISEMENT
Pada permainan sepak bola, pola serangan merupakan sebuah strategi yang disusun untuk bermain menyerang ke area pertahanan lawan. Pola penyerangan merupakan salah satu aspek terpenting dalam permainan sepak bola selain bertahan dan transisi.
Pola penyerangan diterapkan untuk menerobos pertahanan lawan dan menciptakan gol sebanyak-banyaknya, sehingga dapat memenangkan pertandingan adalah pola penyerangan.
Tujuan utama dari pola penyerangan dalam permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol. Supaya bisa berbuah gol, maka pola penyerangan harus dibangun melalui beberapa fase, yaitu fase build up dan finishing. Berikut adalah suatu langkah awal yang dilakukan untuk menyusun bola:

Suatu Langkah Awal untuk Menyusun Pola Serangan adalah

1. Build Up

Fase build up merupakan fase penguasaan bola dengan umpan-umpan baik pendek atau pun direct ke depan atau longpass. Lalu, build up biasanya dilakukan dari bawah, yakni dari pemain bertahan dan dilanjut oleh pemain tengah.
ADVERTISEMENT

2. Finishing

Finishing merupakan fase dalam penyerangan yang dilakukan setelah melakukan build up. Finishing tersebut biasanya dilakukan oleh seorang penyerang atau target man yang ditugasi untuk menjebol gawang lawan.

Formasi dalam Sepak Bola dan Penjelasannya

Pola penyerangan sepak bola merupakan strategi yang disusun untuk menyerang daerah lawan dan memasukkan bola ke gawang lawan agar tercipta sebuah poin/angka.
Pola penyerangan ini memiliki tujuan agar terjadi sebuah goal dalam jumlah yang banyak sehingga permainan sepak bola dapat dimenangkan. Berikut ini adalah bentuk formasi dalam sepak bola:

1. Formasi 4-3-3

Suatu Langkah Awal untuk Menyusun Pola Serangan (50998)
zoom-in-whitePerbesar
Formasi 4-3-3 (Sumber: Pixabay)
Formasi penyerangan dalam sepak bola ini kerap digunakan oleh tim yang memiliki inisiatif menyerang dan menguasai bola dalam pertandingan. Formasi pola penyerangan sepak bola ini terdiri dari 4 pemain bek, 3 pemain gelandang dan 3 pemain penyerang.
ADVERTISEMENT
Kelebihan dari formasi ini adalah digunakan oleh tim yang dapat menguasai bola di daerah lawan.
Hal yang paling diutamakan dalam formasi ini adalah operan yang kita sebut tiki-taka. Hal itu dikarenakan formasi ini membutuhkan operan yang cepat dan gesit. Formasi ini akan membantu mereka dalam kerja sama tim.

2. Formasi 4-2-4

Suatu Langkah Awal untuk Menyusun Pola Serangan (50999)
zoom-in-whitePerbesar
Formasi 4-2-4 (Sumber: Istimewa)
Formasi 424 dalam sepak bola merupakan pola penyerangan yang menempatkan banyak pemain di area lawan. Formasi pola penyerangan sepak bola ini terdiri dari 4 pemain bek, 2 pemain gelandang dan 4 pemain penyerang.
Para pemain profesional banyak menggunakannya karena memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk menggempur pertahanan lawan.
Tim akan memiliki pertahanan belakang serta serangan depan yang sangat kuat karena masing-masing area memiliki 4 pemain. Sayangnya, tim kalian hanya akan memiliki 2 gelandang pada posisi tengah lapangan. Jadi sebisa mungkin berfokus pada serangan cepat dari tengah atau lakukan umpan jauh langsung ke bagian depan.
ADVERTISEMENT

3. Formasi 4-2-3-1

Formasi ini merupakan gaya menyerang sepak bola modern yang baru diterapkan dalam beberapa tahun terakhir.
Sekilas, 4-2-3-1 akan menempatkan banyak pemain tengah. Hal ini menandakan, bahwa permainan akan bertumpu pada dimensi tengah. Tak hanya itu, keseimbangan akan dicapai jika para pemain mampu menjalankan formasi ini dengan baik.
Selain dari pertahanan yang kuat, salah satu macam dari formasi ini juga memiliki penyerangan yang baik, karena pada formasi kali ini terdapat tiga orang gelandang penyerang dan satu orang target man.
Hal itu juga menandakan, bahwa pada formasi ini penyerangan memiliki kekuatan yang baik, sehingga menyusahkan lawan dalam menjaga pertahanan mereka.
Itulah suatu langkah awal untuk menyusun pola serangan dalam sepak bola.
ADVERTISEMENT
(ANH)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020